Itera luncurkan jurnal baru JSTVC

id Itera,Kmapus,Jurnal,Pengabdian,Institut teknologi sumatra,jurnal itera

Itera luncurkan jurnal baru JSTVC

Rektor Itera Prof Dr Ing Drs Ir Mitra Djamal. ANTARA/Dian Hadiyatna

Pentingnya jurnal sebagai entitas kemajuan Itera dan sebagai sumbangsih perguruan tinggi
Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi meluncurkan jurnal baru bernama Journal of Science, Technology, and Visual Culture (JSTVC) yang merupakan hasil kreasi bersama antara Konsorsium TPAK Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) dan Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (JTIK). 

"Saat ini jurnal tersebut tengah dalam proses penerbitan SK International Standard of Serial Number (ISSN). JSTVC dijadwalkan terbit empat kali dalam setahun, yaitu setiap Maret, Juli, Oktober, dan Desember," kata Rektor Itera Prof Dr Ing Drs Ir Mitra Djamal, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa jurnal tersebut akan didukung oleh 384 dosen Itera, yang terdiri dari 14 kelompok keilmuan (KK) dari 35 program studi sebagai media publikasi hasil penelitian para dosen dan edisi perdana jurnal JSTVC sudah dapat diakses melalui laman http://journal.itera.ac.id/index.php/jstvc/issue/view/19. 

Prof Mitra Djamal pun menyampaikan, pentingnya jurnal sebagai entitas kemajuan Itera dan sebagai sumbangsih perguruan tinggi  dalam rangka menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Jurnal secara resmi diluncurkan tepat di tanggal 1 Agustus berkaitan dengan momentum HUT RI. Saya berharap semoga jurnal ini akan menjadi jurnal bereputasi, sebagai wujud karya ilmiah, dan sumbangsih Itera,” ujarnya

JSTVC akan memuat delapan bidang keilmuan mulai dari (a) renewable energy, energy conversion and conservation, (b) electrical, informatics, telecommunication, and biomedical engineering, (c) biology, forestry, agriculture, and food technology, (d) chemical, material, and industrial technology, (e) architecture and infrastructure engineering, (f) earth and space science and engineering, (g) marine science and engineering, dan (h) visual and communication.

"Hinga kini Itera telah memiliki empat jurnal penelitian dan satu jurnal pengabdian kepada masyarakat (PkM). Saya mengapresiasi lahirnya jurnal JSTVC yang menjadi mozaik kultural dari berbagai bidang keilmuan," kata dia.

Ketua Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) Itera Prof Dr Ir Deny Juanda Puradimaja menyampaikan munculnya gagasan membuat JSTVC berdasarkan analisa kebutuhan kampus ini dan pengembangan ilmu pengetahuan. 

"Jurnal ini merupakan hasil kolaborasi antara Konsorsium TPAK JTPI dan JTIK ITERA. Jenis penerbitan dilakukan melalui sistem e-Journal and Printing Journal (e-ISSN dan P-ISSN), serta dengan membangun kolaborasi penerbitan jurnal dengan jurnal di dalam Itera, dan Jurnal di luar Itera atau National and International Article Journal exchange," kata dia pula.
Baca juga: Dosen Itera manfaatkan limbah styrofoam sebagai bahan penyaring udara
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021