Aceh gelar Festival Kopi Kutaraja

id kopi,wisata,aceh

Aceh gelar Festival Kopi Kutaraja

Petani menjemur kopi arabika yang baru dipanen di tepi danau Laut Tawar, Aceh Tengah, Aceh, Minggu (19/1/2020). Kopi arabika Gayo merupakan sumber utama perekonomian di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah dengan luas perkebunan sekitar 100.000 hektare dan produksi per tahun mencapai 200.000 ton serta telah meenjadi produk andalan Aceh untuk pasar ekspor. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc/aa.

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Festival Kopi Kutaraja yang berlangsung pada 27 Februari hingga 1 Maret 2021 di Banda Aceh.



"Kegiatan ini akan menampilkan dua varian kopi yaitu robusta dan arabika terbaik di Aceh," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Sabtu.



Ia menjelaskan kegiatan yang mengusung tema "From Our Hospitality to Ur Cup" juga menghadirkan bazar kuliner yang menampilkan ragam makanan/minuman khas Aceh, aneka perlombaan serta menampilkan talenta-talenta lokal guna menyemarakkan kegiatan sebagai upaya pemeliharaan nilai-nilai khazanah budaya dan kesenian Aceh.



"Festival Kopi Kutaraja 2021 ini akan menjadi suguhan menarik dan interaktif bagi masyarakat, khususnya wisatawan, tidak hanya sebagai sebuah hiburan menarik dan edukasi tentang perkembangan industri kopi dalam rangka membangun semangat dan jiwa entrepreunership bagi anak muda Aceh untuk menjadi entrepreuner di masa akan datang dan upaya perbaikan ekonomi masyarakat di era pandemi yang masih melanda negeri ini," katanya.



Ia juga mengatakan meski di tengah wabah COVID-19 masih terjadi, semangat untuk terus memajukan industri pariwisata Aceh dengan menciptakan ragam ajang wisata menarik dan tematis tidak seharusnya padam.



"Ragam atraksi wisata memungkinkan untuk digelar sepanjang tahun 2021 dalam rangka mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk bangkit kembali membangun ekonomi kreatif khususnya di sektor industri pariwisata, tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat berbasis kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan (K4) atau CHSE," kata Jamal.



Festival Kopi Kutaraja 2021 akan dilaksanakan secara offline dan online (hybrid) dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait dan akan diisi dengan serangkaian acara menarik yang disuguhkan kepada pengunjung.



Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani menambahkan beberapa rangkaian kegiatan akan digelar dalam rangka memeriahkan Festival Kopi Kutaraja 2021 meliputi Aceh Food Festival, Coffee Cupping, Roasting Competition, Seminar Kopi, dan Pentas The Light of Aceh.



"Mari kita terus melakukan berbagai kreativitas dan inovasi baru dalam memperkuat branding destinasi wisata Aceh yang kaya dengan ragam dan pesona alamnya yang alami dan budayanya yang islami dengan tetap menjadikan protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru kita bersama dalam rangka mendukung kebangkitan industri pariwisata Aceh di era pandemi COVID-19, sekaligus membangun kembali semangat dan kreativitas pelaku industri pariwisata yang sempat vakum akibat COVID-19 dan kampanye #DiIndonesiaAja #DiAcehAja #AyoJalanJalanKeAceh," ujarnya.

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar