Dinsos Lampung: Rumah warga terdampak puting beliung mulai diperbaiki

id Bencana Lampung, antisipasi bencana, puting beliung lampung

Dinsos Lampung: Rumah warga terdampak puting beliung mulai diperbaiki

Sejumlah kerusakan yang terjadi akibat bencana puting beliung di Lampung. (ANTARA/HO-BPBD Pesawaran)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi mengatakan sejumlah rumah warga terdampak bencana puting beliung di sejumlah kabupaten telah mulai diperbaiki.

"Kemarin Senin berdasarkan laporan tim Tagana di empat kabupaten di Provinsi Lampung sempat terjadi bencana puting beliung yang merusak rumah warga," ujar Aswarodi di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat puting beliung telah sebagian diperbaiki secara bergotong royong bersama tim Tagana.

"Sejumlah rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung telah diperbaiki dengan bergotong royong antara warga, tim Tagana, dan BPBD di daerah terdampak," ujarnya.

Menurutnya, dari empat kabupaten yang terdampak bencana puting beliung ada dua daerah yang memiliki korban luka.

"Benar ada dua daerah yang memiliki korban luka, dan kita sudah langsung menyalurkan bantuan berupa buffer stock kepada semua warga terdampak bencana di empat kabupaten tersebut," katanya.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi adanya bencana alam lain yang terjadi akibat adanya cuaca ekstrem, Dinas Sosial telah mempersiapkan tim Tagana dan menjaga ketersediaan buffer stock di gudang penyimpanan.

"Ketersediaan buffer stock, dan tim kesiapan tim Tagana sudah siap, kemarin bantuan sudah diserahkan ke sejumlah daerah salah satunya Desa Karya Makmur, Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur," ujarnya.

Sebelumnya pada Senin (8/2) sejumlah kabupaten di Provinsi Lampung sempat mengalami bencana angin puting beliung dan mengakibatkan sejumlah rumah warga, sekolah dan tempat wisata mengalami kerusakan.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar