Barikade Gus Dur gelar haul ke-11 KH Abdurrahman Wahid

id haul gusdur, barikade gus dur, monica rahmadani, presiden

Barikade Gus Dur gelar haul ke-11 KH Abdurrahman Wahid

Panitia Haul Gus Dur (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Lampung yang diketuai oleh Irfandi Romas berencana menggelar Haul (peringatan wafat) ke-11 mantan Presiden Republik Indonesia yang ke-4 KH Abdurrahman Wahid dalam waktu dekat.

"Haul Gus Dur akan kami gelar pada 25  Desember 2020," kata Ketua Panitia Kegiatan Haul Gus Dur,  Sony Eriko mendampingi Sekretaris DPW Gus Dur Lampung Heri Sukoco, di Bandarlampung,  Minggu. 

Ia menjelaskan peringatan wafatnya Presiden Republik Indonesia ke-4 itu berlangsung di kediaman Ketua  DPW Gus Dur Lampung, M. Irfandi Romas Jl Wolter Mongonsidi Nomor 3, Kelurahan Pengajaran, Bandarlampung.

Kegiatan haul,  lanjutnya tetap menerapkan protokol kesehatan agar memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tapis berseri khususnya.

Pihaknya telah menyiapkan sarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan plus sabun,  handsanitizer,  dan peserta haul juga diwajibkan memakai masker. 

"Meski sedang covid kita harus melaksanakan haul Gus Dur sebagai bentuk cinta dan penghormatan kepada beliau. Karena lagi COVID-19 dan Bandarlampung zona orange kita perketat prokes dan juga undangan nya ga bisa banyak-banyak, ga boleh berkerumun," jelas Sony Eriko.

Masih sambung Bang One panggilan akrabnya, pengurus Barikade Gus Dur melakukan rapat guna tertibnya acara haul tersebut. Selain membahas haul Gus Dur juga memberikan selamat kepada salah satu pengurus inti yang kemarin melangsungkan pernikahannya.

"Rapat kita hari ini selain bahas haul, kita juga kasih selamat kepada Bendahara DPW Monica Rahmadani yang beberapa hari yang lalu menikah, selain silaturahmi yang memang harus kita jaga sesama kader dan pengurus," urainya.

Untuk pemantapan dan kesiapan acara lanjutnya, dirinya bersama tim tengah menyusun semua rangkaian agar sempurna tidak ada kekurangannya.

"Insya Allah kita siapkan sebaik mungkin, kita susun semuanya dari sekarang, agar tidak ada yang tertinggal, jadi pas hari H tanggal 25 Desember malam ba'da Isya itu semua dah fix dan sempurna,"pungkasnya. 

Monica Rahmadani, Bendahara Barikade Gus Dur mengatakan peringatan wafatnya Gus Dur sangat penting baginya dan para kader Barikade Gus Dur Lampung, sebab Haul Gus Dur adalah momentum untuk mengenang kembali nilai-nilai perjuangan mantan Presiden RI ke-4 itu.

Putri Hijab Lampung 2018 itu mengatakan ada beberapa kegiatan pada haul tersebut yang diantaranya kirim doa atau tahlilan.

Ia berharap kegiatan ini bisa berlangsung baik tanpa kendala apapun dan juga dapat bermanfaat baginya pribadi dan semua khususnya kader Barikade Gus Dur Lampung.

"Haul Gus Dur juga bertujuan untuk menjalin Ukhuwah Islamiah," katanya.