Anies hadiri Haul Akbar K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum

id Pemilu 2024, pilpres 2024, capres anies

Anies hadiri Haul Akbar K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum

Calon Presiden RI Anies Baswedan saat menghadiri acara "Haul Akbar K.H. Abdul Chalim dan K.H. Abdul Maksum di Lampung, Minggu (14/1/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Baswedan menghadiri acara mengenang tokoh yang telah meninggal (haul akbar) Kiai Haji Abdul Chalim dan K.H. Maksum di Lampung.

Dalam kesempatan itu, Anies menyebutkan kedua ulama tersebut merupakan tokoh yang telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan bangsa.

"Mereka mewakafkan semasa hidupnya untuk umat dan bangsa," kata Anies dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Anies menilai sosok K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum merupakan pribadi yang baik dan terus menebarkan manfaat. Hal itu terbukti dari masyarakat yang terus memberikan doa kebaikan bagi kedua ulama karismatik itu.

"Mereka adalah pribadi-pribadi yang usianya sudah dicukupkan, tetapi umurnya panjang. Kenapa? Kami sampai hari ini masih mengirimkan doa dan meneladani mereka. Itulah artinya panjang umur walaupun usianya sudah selesai," ujar Anies.

Oleh karena itu, dia bersyukur karena bisa menghadiri acara haul akbar tersebut, sekaligus berharap bisa mengambil pembelajaran dari kedua tokoh ulama yang dijadikan teladan oleh masyarakat.