Haul ke-104 Zainal Abidin Pagaralam

id haul zainal abidin, haul ke-104, rycko menoza szp, sjachroedin zp

Haul ke-104 Zainal Abidin Pagaralam

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah) bersama Duta Besar RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP dan Ketua DPW Pemuda Pancasila Lampung, Rycko Menoza SZP, di Bandarlampung, Sabtu (29/2/2020) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP dan Ketua Pemuda Pancasila Rycko Menoza SZP menggelar peringatan haul ke-104 Zainal Abidin Pagaralam, di Taman Makam Keluarga Doeloe Boemi Kedaton, Bandarlampung, Sabtu.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi beserta sejumlah tokoh masyarakat dan agama dari Kota Bandarampung, hadir pada acara istighisah serta haul tersebut.

Arinal Djunaidi dalam kesempatan itu mengatakan Zainal Abidin Pagaralam merupakan gubernur kedua Lampung dan salah satu tokoh yang menggagas pembangunan sekaligus peletak dasar-dasar pemerintahan di Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung mengajak masyarakat untuk ikut mendoakan Zainal Abidin Pagaralam yang telah banyak berjasa untuk pembangunan di Provinsi Lampung.

Arinal Djunaidi juga menyampaikan berbagai program pembangunan yang telah dicapai selama dia memimpin Provinsi Lampung.

Gubernur mengaku, keberhasilan program-program pembangunan ini karena sebelumnya belajar banyak dari mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP yang menjabat selama dua periode sebelum menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kroasia.

Ia mengatakan pembangunan di Lampung harus dilakukan dengan ekonomi kerakyatan karena 70 persen atau  9,7 juta jiwa bertumpu pada sektor pertanian dan 20 persen masih hidup dalam garis kemiskinan.

Kemudian, Pemprov Lampung akan mengembangkan pariwisata di Lampung,  pengelolaan tempat pariwisata di Lampung. Salah satunya adalah mengagas dengan pembangunan exit tol sampai ke Kecamatan Panjang, kemudian akan membuat jembatan diatas laut dari Wilayah Panjang sampai ke Lempasing.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Arinal dan masyarakat yang berkenan hadir pada haul tersebut.

“Atas nama keluarga besar Almarhum Zainal Abidin Pagaralam, menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kesediaan bapak ibu hadir dalam rangka haul yang ke- 104 tahun," ujar Sjachroedin.

Menurutnya, haul ini juga guna untuk terus mempererat tali silaturahmi dan hubungan baik antarsesama. 

"Semoga kita semua diberikan taufik, rahmat serta hidayah agar kita dapat melaksanakan tugas-tugas dan bisa selalu bersilaturahmi. Semoga kita sebagai manusia dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.