Gali potensi UMKM, peserta Diklat PKN II kunjungi Metro

id UMKM,Metro

Gali potensi UMKM, peserta Diklat PKN II kunjungi Metro

Para peserta Diklat PIM II Angkatan 18 tahun 2020 berfoto bersama dengan Pj Sekda Kota Metro dan OPD di kantor Pemkot Metro, Rabu (30/9). (Antaralampung.com/istimewa)

Metro (ANTARA) - Sebanyak 14 peserta Diklat PKN II tahun 2020 se-Sumatera mengunjungi Kota Metro, Lampung, untuk menggali potensi UMKM yang ada di kota setempat. 

Penjabat Sementara Sekda Kota Metro, Misnan mengatakan bahwa peserta yang berjumlah 14 tersebut merupakan pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator yang berasal dari berbagai provinsi dan kementerian. 

"Mereka berasal dari berbagai provinsi untuk melihat salah satu UMKM unggulan di Kota Metro mulai dari tapis dan keripik pisang," kata dia, Rabu. 

Para peserta, akan belajar bagaimana keterlibatan Pemkot Metro daerah dalam pengembangan UMKM, salah satunya adalah pemanfaatan digitalisasi 4.0 dalam pemasaran dan produksi.

"Jadi bagaimana pemberdayaan pengangkatan UMKM, diharapkan selanjutnya dapat terus terbina dan berlanjut pada masa mendatang," paparnya. 

Ketua Tim Diklat PKN II, Brisma Arinal menjelaskan, selain menggali potensi di Kota Metro, para peserta juga akan mempromosikan produk UMKM tersebut hingga ke luar daerah. 

"Jadi daerah yang dikunjungi juga merasakan dampak hasil dari kunjungan ini karena kita juga promosikan produknya," jelasnya.

Ia menambahkan, para peserta juga belajar bagaimana pengembangan produk UMKM di Kota Metro mulai dari produksi, dukungan pemerintah, maupun keterlibatan stakeholder lain. 

"Contohnya ini kita tadi mengunjungi UMKM pembuatan keripik pisang, di situ para peserta akan menanyakan bagaimana dukungan pemerintah, apa saja bantuan yang diperlukan yang nantinya akan diusulkan ke pemerintah," tambahnya. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar