Jambi akan teliti khasiat daun Sungkai untuk obati COVID-19

id daun sungkai, corona virus,covid, bpbd,jambi, covid-19,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Jambi akan teliti khasiat daun Sungkai untuk obati COVID-19

Gubernur Jambi H Fachrori Umar memperlihatkan Daun Sungakai yang disebut bisa untuk pengobatan COVID-19. Gubernur menginstruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk meneliti dan menindak lanjuti khasiat daun itu. (ANTARA/HO/Humas Prov Jambi)

Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terimakasih Pak Gubernur, kata Doni
Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Fachrori Umar ,Minggu menginstruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk meneliti khasiat daun Sungkai untuk mengobati Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Fachrori juga minta dalam penelitian manfaat daun Sungkai untuk mengobati COVID-19 tersebut, Dinas Kehutanan berkoordinasi dengan BPOM, Labkesda dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi guna mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Fachrori berharap agar hasil penelitian khasiat daun Sungkai bisa diketahui dalam waktu yang tidak begitu lama. Gubernur juga berharap agar kandungan yang terdapat dalam daun Sungkai bisa mengobati COVID-19 untuk mengobati pasien yang terjangkit yang selanjutnya bisa bermanfaat membantu mengatasi pandemi saat ini.

Baca juga: Inggris uji coba obat diabetes untuk pasien COVID-19

Perintah Gubernur Jambi kepada Dinas Kehutanan untuk meneliti manfaat daun Sungkai ini bermula dari pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Monardo dalam rapat perkembangan penanganan COVID-19 dengan para gubernur se-Indonesia, yang dilakukan melalui konferensi video pada, Rabu (22/4) kemarin.

Dalam rapat yang juga diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto tersebut, Doni Monardo menyatakan mendapatkan informasi bahwa daun Sungkai memiliki khasiat yang bisa membunuh virus corona.

Sebab itu Kepala BNPB meminta kepada Gubernur Jambi untuk mengadakan penelitian terhadap manfaat daun Sungkai tersebut.

Baca juga: Lembaga Biologi Molekuler Eijkman kembangkan obat bagi pasien COVID-19

"Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terimakasih Pak Gubernur," kata Doni Monardo saat itu.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi, Johansyah menambahkan, jika daun Sungkai terbukti bisa mengobati COVID-19, hasilnya segera dipublikasikan.

Baca juga: Para ilmuwan telah temukan obat baru untuk pasien COVID-19

Dikutip dari mhomecare.co.id, daun Sungkai (Peronema canescens) sudah banyak digunakan sebagai obat saat anak-anak demam dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu.

Melihat kebiasaan masyarakat pribumi Kalimantan yang sering menggunakan daun Sungkai sebagai obat, akhirnya para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan bahwa daun muda Sungkai tersebut memilik kandungan atau potensi (Antipiretik) obat yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala.