Harga getah karet di Mesuji turun

id karet,Mesuji

Harga getah karet di Mesuji turun

Masyarakat MesujiLampung Keluhkan Getah Karet Turun (Antara Lampung/Raharja)

Masyarakat MesujiLampung Keluhkan Getah Karet Turun
Mesuji (ANTARA) - Harga getah karet di Kabupaten Mesuji Lampung turun menjadi Rp4.000 per kilogram (kg) dari sebelumnya yang mencapai Rp8.000 per kg.

"Saat ini harga jual getah karet bulanan turun drastis di angka Rp4.000 per kg," kata seorang petani karet di Kecamatan Mesuji timur Budi di  Mesuji Timur, Rabu.

Menurut dia, penurunan harga jual getah karet di tingkat agen pengepul di wilayah setempat terjadi sejak lebih dari sebulan terakhir yang berdampak pada penghasilan petani dari penjualan getah karet.

"Otomatis menurun. Apalagi harga jualnya sekarang turun cukup tajam yakni sebesar Rp4.000 per kg," katanya.

Hanya saja, kata dia, produksi getah karet yang disadap dari pohon karet sekarang ini normal dibandingkan saat musim kemarau panjang beberapa waktu lalu.

Kondisi tersebut, lanjut dia, membuat sejumlah petani di wilayah itu kembali bergairah menyadap pohon karet karena hasilnya sekarang cukup banyak sejak cuaca normal.

"Saat kemarau tanaman pohon karet milik saya seluas satu hektare (ha), hanya menghasilkan paling banyak 30 kg getah karet. Namun memasuki musim hujan sekarang ini, hasil yang saya dapat hampir mencapai 100 kg sekali sadap," ujarnya.

Hal senada dikatakan Herdi petani karet lainnya warga , Kecamatan  Panca Jaya.

Ia mengaku sebelumnya banyak pohon karet yang kering tidak mengeluarkan getah lagi akibat kemarau.

Namun sejak Kabupaten Mesuji diguyur hujan beberapa pekan terakhir produksi getah karet kembali normal seperti sebelumnya.

"Namun sangat disayangkan meningkatkan hasil produksi ini tidak diiringi dengan peningkatan harga jual getah karet yang sekarang justru turun di angka Rp4.000per kg," katanya.