Dinkes konfirmasi ada penambahan pasien COVID-19 di Lampung

id Corona, lampung

Dinkes konfirmasi ada penambahan pasien COVID-19 di Lampung

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengkonfirmasi adanya penambahan pasien COVID-19, Bandarlampung, Kamis 26/03/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengkonfirmasi ada penambahan satu pasien dalam pengawasan (PDP) positif COVID-19. 

"Sebelumnya yang terkonfirmasi positif COVID-19 ada satu orang PDP, dan sore hari ini ada satu lagi pasien yang dinyatakan positif, sehingga total ada tiga pasien, " ujar Reihana, di Bandarlampung, Kamis. 

Ia menjelaskan, semua pasien telah masuk dalam PDP sehingga telah menjalani perawatan sesuai prosedur tetap (protap) penanganan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Abdul Moeloek. 

"Hari ini hasil laboratorium telah keluar dan pasien terkonfirmasi bertambah dua orang semua dari Bandarlampung, namun semua pasien positif COVID-19 bukanlah berasal dari transmisi lokal, " katanya. 

Menurutnya, ketiga pasien memiliki riwayat perjalanan dan kontak dengan orang asing, pasien pertama memiliki riwayat bepergian ke Bogor, pasien kedua memiliki riwayat perjalanan ke Yogyakarta, dan pasien ketiga memiliki riwayat kontak dengan orang asing. 

"Ketiganya bukan transmisi lokal, pasien ketiga memiliki riwayat kontak dengan orang asing, dan dua pasien memiliki riwayat perjalanan keluar Lampung, sehingga penting bagi masyarakat untuk tetap di rumah dan menjaga imun tubuh, " katanya. 

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bersama petugas kesehatan akan melakukan tracing kepada keluarga terdekat kedua pasien terkonfirmasi positif COVID-19. 

"Untuk mencegah persebaran COVID-19, kami akan melakukan tracing terutama kepada keluarga terdekat pasien, " katanya. 

 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar