Tips Angkie Yudistia cari pengasuh yang tepat bagi anak-anak

id Angkie yudistia, parenting, asuh anak, nanny, working mom,Orami, orami parenting

Tips Angkie Yudistia cari pengasuh yang tepat bagi anak-anak

Staf Khusus Presiden Gugus Muda sekaligus Pendiri This.able, Angkie Yudistia saat ditemui di sela-sela peluncuran Orami Parenting di Jakarta, Rabu (12/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Staf Khusus Presiden Gugus Muda sekaligus Pendiri This.able, Angkie Yudistia, membagi beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu milenial ketika akan memilih pengasuh yang tepat bagi anak-anak.
Jakarta (ANTARA) - Menjadi seorang ibu yang juga berkarir (working mom) adalah sebuah tantangan yang tak jarang ditemui di kalangan ibu-ibu generasi milenial.

Padatnya aktivitas di luar rumah, ditambah tugas lainnya di dalam rumah pun kerap membuat para ibu kelelahan, dan mempercayakan urusan di dalam rumah kepada asisten rumah tangga dan pengasuh anak (nanny).
Baca juga: Staf Khusus Presiden: Sekolah inklusi PR besar penyetaraan disabilitas

Ditemui di Jakarta, Rabu (12/2), Staf Khusus Presiden Gugus Muda sekaligus Pendiri This.able, Angkie Yudistia, membagi beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu milenial ketika akan memilih pengasuh yang tepat bagi anak-anak.

1. Penganggaran (budgeting)

Menurut Angkie, anggaran atau budgeting sangat penting sebelum akhirnya orang tua benar-benar memutuskan untuk mengandalkan jasa pengasuh bagi anak.

"Jangan memaksa kalau kondisi ekonominya tidak memungkinkan. Kalau tidak memungkinkan, bagaimana ibu bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk mengurus sendiri. Kalau berlebih bisa minta support system berupa nanny," kata dia.


2. Seleksi dengan teliti

Setelah memastikan anggaran dapat dipenuhi, orang tua harus dapat memilih calon pengasuh dengan teliti; mulai dari latar belakang hingga agen penyalurnya.

"Ada assesment. Kita harus tahu nanny ini dari mana, rekomendasi apa yayasan. Parents harus punya rasa curiga karena kita ingin rasa aman," ujar Angkie.

"Bagaimana dia bekerja, kita harus bisa menganalisa. Kalau anak kita happy dan enggak ketakutan, ya take it. Kalau enggak, ya jangan dipaksa," lanjutnya.

3. Manfaatkan teknologi

Lebih lanjut, Angkie mengatakan bahwa di era keterbukaan saat ini, orang tua terutama ibu bekerja juga harus memanfaatkan teknologi yang ada seperti monitor CCTV jarak jauh.

"Zaman sekarang, teknologi semakin canggih, dan kita bisa kok memonitor CCTV lewat hp. Kita bisa ngobrol dan melihat apa yang terjadi di rumah ketika anak dititipkan. Jadi, emak zaman sekarang harus melek teknologi," ujarnya pula.
Baca juga: Disabilitas inspiratif Angkie Yudistia, jadi stafsus Presiden Jokowi