Bandarlampung juara kontes buah alpukat GGF

id GGP, GGF, kontestan buah, buah alpukat

Bandarlampung juara kontes buah alpukat GGF

Kontestan dari Kota Bandarlampung keluar sebagai pemenang dalam "Kontes Buah Alpukat 2019" (Antaralampung.com/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Kontestan dari Kota Bandarlampung keluar sebagai pemenang dalam "Kontes Buah Alpukat 2019" yang diselenggarakan oleh Great Giant Foods bersama dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

Tiga kontestan dari Kota Bandarlampung berhasil meraih juara I yakni Didik Nuryadin, juara II Lukman Hakim, dan juara III Dewi Hardiyati.

"Sedangkan untuk juara harapan I diraih oleh Sugianto asal Kota Metro dan juara harapan II diterima oleh Fransisca Yuyun Rosalina dari Pringsewu," kata Ketua Panitia Kontes, Margo Trilaksono di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan pada kontes ini penilaian oleh dewan juri didasarkan pada bentuk, berat, warna kulit buah, warna daging buah, rasa buah, perbandingan daging buah dengan kulit, dan biji. 

Selain untuk tingkat Provinsi Lampung, juara dalam kontes alpukat ini juga diberikan kepada masing-masing zona. Juara di zona Pesawaran diraih oleh Marwati dan Siti Aminah, zona Bandarlampung diraih oleh Sri Agustina, Abadi, dan Romi Destu Yarta kemudian zona Lampung Tegnah diterima oleh Titik Nur Halimah dan Sri Puji Astuti.

"Para pemenang mendapat hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan dari panitia," kata dia.

Dia menambahkan kontes buah alpukat 2019 terselenggara atas kerja sama antara GGF dengan Pemprov Lampung beserta dinas instansi terkait. Rangkaian kontes telah dilaksanakan pada 20 September sampai 20 Desember 2019 di seluruh wilayah Lampung.

Kontes yang diselenggarakan dalam kurun waktu empat bulan ini diikuti sebanyak 175 peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"GGF sangat perduli untuk mengangkat komoditi buah lokal yang unggul di pasar global. Beberapa cara mendapatkan buah unggul dilakukan GGF dengan menjalin kerja sama penelitian khususnya bidang pemuliaan dengan menggandeng institusi akademik, LIPI, badan penelitian dan pengembangan Deptan serta eksplorasi ke daerah melalui kontes buah," kata dia lagi.

Melalui kontes ini Wayan Ardana selaku Direktur Operasional Great Giant Foods mengharapkan eksplorasi tanaman potensial dengan kualitas baik melalui ajang kontes dapat menginisiasi kebangkitan buah lokal untuk menjadikan Lampung sebagai sentra buah unggul Indonesia.

Harapannya usai kontes ini, GGF dan pihak dinas terkait dapat menindaklanjuti potensi alpukat Lampung, sehingga nantinya program ini dapat berlanjut ke pengembangan budi daya dalam skala yang lebih luas melalui program kemitraan atau program pemerintah lain dengan menggandeng petani lokal.

"Ke depan GGF akan mengembangkan program terhadap produk-produk hortikultura, bergairah untuk memproduksi buah-buah lokal sehingga bisa menembus pasar ekspor, dengan menggandeng dinas-dinas terkait yang ada di provinsi, kabupaten/kota di Lampung," pungkasnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar