PHRI Sumsel mendorong pengembangan wisata nostalgia

id plaju sumsel,wisata nostalgia palembang,wisata nostalgia

PHRI Sumsel mendorong pengembangan wisata nostalgia

Foto udara Kilang PT Pertamina (persero) Refinery Unit (RU) III Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/10/2018). ANTARA/Nova Wahyudi

"Pengembangan potensi wisata nostalgia terutama di Kota Palembang memiliki potensi yang cukup besar untuk menarik wisatawan asing yang semasa mudanya pernah tinggal dan bekerja di kota pempek ini," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin, di Palembang
Palembang (ANTARA) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan mendorong pemerintah daerah setempat mengembangkan wisata nostalgia.

"Pengembangan potensi wisata nostalgia terutama di Kota Palembang memiliki potensi yang cukup besar untuk menarik wisatawan asing yang semasa mudanya pernah tinggal dan bekerja di kota pempek ini," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Sabtu.
Baca juga: PT PLN kembangkan objek wisata air terjun curup buluh tujuh tingkat di Lahat

Dia menjelaskan Palembang berpotensi mengembangkan paket wisata nostalgia karena setiap tahunnya cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung ke kota ini karena memiliki kenangan indah semasa mudanya.

Kota Palembang sekitar tahun 1950-an di kawasan Plaju terdapat perusahaan minyak Amerika Serikat PT Stanvac yang kini menjadi PT Pertamina.

"Anak dan cucu mantan karyawan perusahaan asing itu kini merindukan tempat mereka bermain semasa kecil dan menjadwalkan setiap tahun berkunjung ke Palembang," ujarnya.

Menurut dia, beberapa waktu lalu ada 50 wisatawan asing dari Belanda yang merupakan anak dan cucu mantan karyawan Stanvac.
Baca juga: Kunjungan wisman ke Sumsel September 2019 turun

Wisatawan itu melakukan kegiatan "Satu hari berwisata `One day tour` bernostalgia dengan kehidupan lama orang tua dan kakeknya dan kehidupan masa kecil mereka yang penuh kenangan indah di kawasan komplek Pertamina Plaju dan Sungai Gerong dan wisata air di Sungai Musi Palembang.

Wisata nostalgia itu jika dikelola dengan baik dan dibuatkan paket khusus bisa memiliki nilai jual tinggi dan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke Bumi Sriwijaya ini dan beberapa daerah Sumsel lainnya yang mungkin juga memiliki kenangan indah bagi mereka, kata Herlan.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar