Tur Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang kini hanya enam jam

id Jtts, jalan tol, tol sumatra, mentri bumn, rini m soemarno

Tur Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang kini hanya enam jam

Mentri BUMN Rini M Soemarno (Foto : Antaralampung / Emir F Saputra)

Tulang Bawang Barat (ANTARA) - Menteri BUMN  Rini M Soemarno memastikan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera  sudah bisa dilintasi masyarakat pada libur Lebaran 2019.

Hal itu diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara "Tur Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang"  pada Jumat.

“Jalur yang dilalui adalah Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 329 kilometer yang terdiri dari 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional,” kata Rini, di Tulangbawang Barat, Lampung, Jumat. 

Menurut dia, tur perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang ditempuh selama 6 jam dengan total jarak tempuh 358,7 km.

Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-12 jam.

“Saya senang beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur Lebaran. Saya mendorong BUMN Karya agar nantinya kita bisa melayani masyarakat,” kata Rini.

Ia menjelaskan, di sepanjang jalur tol yang dilalui, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan 12 tempat istirahat (rest area) dengan fasilitas yang cukup memadai antara lain di KM 33 sisi A dan B, KM 87 sisi A dan B, KM 116 sisi A dan B, KM 163 sisi A, KM 172 sisi B, KM 208 sisi A, KM 215 sisi B, KM 234 sisi A, dan KM 285 sisi B.

Setiap tempat istirahat dilengkapi dengan fasilitas berupa mushola, toilet, tempat pengisian BBM berupa SPBU modular/kiosK/motoris, warung makanan dan minuman serta mobile ATM di beberapa titik.