LSI prediksi Jokowi-Ma'ruf menang telak

id LSI Denny JA

LSI prediksi Jokowi-Ma'ruf menang telak

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa (kanan) memaparkan hasil survei terkait Pilpres 2019. (Imam B)

Jakarta (ANTARA) - Survei LSI Denny JA memprediksi pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf  Amin menang telak dalam kontestasi Pemilu Presiden 2019, unggul dibandingkan Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 55,9-65,8 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 34,2-44,1 persen.

"Jokowi-Ma'ruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo-Sandi diatas dua digit," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan apabila elektabilitas Jokowi-Ma'ruf menggunakan batas bawah yaitu 55,9 persen dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas sebesar 44,1 persen, maka Jokowi-Ma'ruf tetap menang telak dengan selisih di atas dua digit.

Ardian menjelaskan keunggulan Jokowi-Ma'ruf di atas dua digit konsisten sejak Agustus 2018, sejak pendaftaran capres elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 52,2 persen dan Prabowo-Sandi 29,5 persen.

"Selisih di atas dua digit ini selalu stabil di periode-periode survei LSI Denny JA selanjutnya hingga survei terbaru di April 2019," ujarnya.

Survei LSI Denny JA itu dilakukan pada 4-9 April 2019 dengan menggunakan 2.000 responden dan menggunakan metode "multistage random sampling".

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dengan "margin of error" 2,2 persen.