Ikan patin Indonesia mulai digemari di Timur Tengah

id ekspor ikan patin,patin masuk dubai,timur tengah gemari pati

Ikan patin Indonesia mulai digemari di Timur Tengah

Ikan patin yang siap masuk ke pasar Timur Tengah (Foto : Net)

Kami melihat ada permintaan yang terus meningkat dari negara-negara Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir ini, kata Suhadi
Bogor (Antaranes Lampung) - Ikan patin (Pangasius) probiotik Indonesia mulai masuk ke pasar Dubai seiring dengan meningkatnya permintaan ikan tersebut dari pasar kawasan Timur Tengah.

"Kami melihat ada permintaan yang terus meningkat dari negara-negara Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir ini," kata Suhadi, Ketua Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) di Bogor, Kamis (8/11).

Ia mengatakan, permintaan ini untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor, mulai pariwisata hingga "food services" kegiatan haji dan umrah. "Kami senang dapat melayani kebutuhan pasar ini," kata Suhadi.

APCI mendapat kepercayaan  membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mempromosikan ikan patin probiotik Indonesia di Dubai.

Menurut Suhadi, industri ikan pangasius Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, terlihat dari produksi ikan pangasius yang terus meningkat di 10 tahun terakhir dari 33.000 ton di tahun 2006 hingga mencapai 437.000 ton di 2016. "Ini menjadikan Indonesia salah satu produsen ikan pangasius terbesar di dunia," katanya.

Selama ini lanjutnya, industri ikan pangasius Indonesia lebih banyak bermain di pasar dalam negeri saja, di mana pangasius fillet menduduki posisi sebagai ikan yang paling populer di pasar domestik, yang saat ini telah mencapai setengah dari keseluruhan konsumsi ikan fillet dalam negeri.

Kedatangan APCI ke Dubai untuk berpartisipasi sebagai salah satu peserta ekshibisi di SEAFEX Timur Tengah yang berlangsung pada 30 Oktober hingga 1 November 2018 di Dubai World Trade Centre. Kegiatan ini didukung oleh SMART-Fish, Program dari UNIDO (United Nations Industrial Development Organization).

Di bawah koordinasi KKP Indonesia, APCI meluncurkan sebuah Brand Pangasius (patin) baru bagi dunia Internasional yaitu: "Indonesian Pangasius - The Better Choice".

"Keikutsertaan di SEAFEX yang sekaligus peluncuran Brand 'Indonesian Pangasius' ini merupakan momen penting yang mengawali kegiatan bisnis ekspor bagi industri ikan pangasius Indonesia," katanya.

"Uni Emirat Arab (UAE) dipilih untuk mengawali bisnis ekspor ikan pangasius Indonesia dilihat dari potensinya yang tinggi sebagai pintu gerbang masuk ke pasar Timur Tengah," kata Suhadi.