DPD Usung Oesman Sapta Calon Ketua MPR

id Pemilihan Pimpinan MPR

Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman menegaskan Oesman Sapta Odang diperjuangkan untuk meraih kursi ketua MPR RI 2014--2019.

"Ini harus jadi (ketua MPR), kita (DPD) memiliki anggota terbesar. Yang kita tawarkan ketua MPR dari unsur DPD dengan dua wakil dari KMP, dan dua wakil dari KIH," kata Ketua DPD RI Irman Gusman usai rapat paripurna DPD RI di Senayan Jakarta, Senin (6/10) malam.

Rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah akhirnya menyepakati mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD RI, setelah dalam pemungutan memperoleh 67 suara.

Menurut Irman, formasi yang ditawarkan DPD RI ini merupakan jalan tengah terbaik bagi bangsa. "Kami tetap mendorong musyawarah mufakat," katanya.

Irman mengatakan apa yang ditawarkan DPD RI dilakukan untuk mendudukkan posisi MPR sebagai lembaga tinggi yang benar-benar merepresentasikan kebhinnekaan Indonesia.

"Jadi tidak ada paket pimpinan, ini musyawarah mufakat untuk mengawal Merah Putih menuju Indonesia hebat," kata Irman Gusman.

Sementara itu, Oesman Sapta Odang menegaskan dirinya siap memimpin MPR. "Memang dalam perjuangan ada proses. Saya kalah dipertarungan ketua DPD RI, tapi menang untuk ke MPR," katanya.

Oesman menegaskan suara DPD RI solid untuk mendukung wakilnya sebagai ketua MPR. "Hanya ada satu orang yang diantarkan DPD ke MPR. Dimana pun belahannya -- KMP atau KIH, DPD RI tetap ikut. Dan harus ketua," kata Oesman Sapta menegaskan.