Bupati Ingin Masyarakat Waykanan Berkreasi Bangun Wilayah

id Bupati Ingin Masyarakat Waykanan Berkreasi Bangun Wilayah

Bupati Ingin Masyarakat Waykanan Berkreasi Bangun Wilayah

Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Bustami Zainudin. (Foto ANTARA/Gatot Arifianto)

Waykanan, Lampung, 19/4 (Antara) - Bupati Waykanan Lampung Bustami Zainudin mengharapkan masyarakatnya berinisiatif dan berkreasi untuk membangun wilayahnya sendiri guna menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi.

"Dengan begitu, masyarakat dalam membangun bisa sinergi antarelemen masyarakat sehingga potensi yang dimiliki setiap warga dapat lebih berkembang lagi," ujar bupati, didampingi Sekretaris Bappeda Anang Risgiyanto, di Blambangan Umpu, Jumat.

Karena itu, ucapnya, masyarakat harus memiliki semangat dan rasa tanggung jawab bersama untuk membuat Kabupaten Waykanan bisa lebih maju dan sejahtera sehubungan bahwa pemerintah bukanlah segala-galanya.

Setiap tahun, demikian bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Waykanan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung/kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten.

"Forum Musrenbang dilaksanakan untuk penyusunan Rencana Kerja Tahunan Pemerintah Daerah (RKPD), sebagai pedoman dalam penyusunan APBD," katanya.

Musrenbang, kata Bustami menegaskan, bukan kegiatan seremonial atau basa-basi, tetapi merupakan ikhtiar bersama untuk secara optimal melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan, dengan menyerap aspirasi masyarakat secara demokratis, transparan, dan partisipatif.

Atas dasar program yang disusun bersama masyarakat tersebut, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Waykanan juga menyiapkan dana stimulus bagi masyarakat di setiap kelurahan, dalam bentuk Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), yang meliputi bidang ekonomi, sosial-budaya, serta fisik atau infrastruktur, demikian Bustami Zainudin.