Pringsewu Tangani 98 Penderita DBD

id dbd, pringsewu, PSN

Peningkatan kasus ini juga berkaitan erat dengan perubahan musim atau iklim"
Pringsewu, (ANTARA LAMPUNG) - Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung telah menangani 98 penderita demam berdarah dengue (DBD) sejak Januari-September 2011.

"Kasus DBD di daerah ini hingga bulan September 2011 sebanyak 98 dan seluruhnya sudah ditangani dengan baik," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, dr Endang Budiati didampingi Sekretaris Dinkes Pringsewu, Ediyanto, di Pringsewu.

 Menurutnya penyebaran kasus DBD di wilayah tersebut terjadi sejalan dengan meningkatnya arus transportasi dan kepadatan penduduk.

"Peningkatan kasus ini juga berkaitan erat dengan perubahan musim atau iklim, kondisi cuaca yang tidak menentu terkadang panas dan hujan bergantian menyebabkan populasi nyamuk penular DBD itu meningkat," katanya menerangkan.

Selain itu, ia melanjutkan, berdasarkan pengamatan cuaca pada saat ini,  terjadi pola musim yang tidak beraturan, yaitu terlihat bahwa di sela musim panas sering terjadi hujan lokal dan hujan sesaat yang memberi peluang besar bagi berkembangnya vektor penyebab DBD.

"Mobilitas penduduk dari dan ke suatu daerah di wilayah tersebut sangat tinggi sehingga berdampak pada peningkatan kasus penyebaran penyakit  itu," imbuhnya.

Guna menanggulangani penyebarannya, lanjut dia, pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pringsewu akan meningkatkan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) melalui 3M-Plus secara berkesinambungan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu selama 2011 terdapat 98 kasus dengan rincian yaitu Bulan Januari sebanyak 20 kasus, Februari empat kasus, Maret enam kasus, April berjumlah sembilan kasus, dan Mei sebanyak delapan kasus.

Kemudian, bulan Juni kasus DBD merangkak naik yakni 15 kasus, Juli 18 kasus, Agustus turun menjadi 11 kasus, serta September hanya tujuh kasus. (ANTARA)
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar