Medan, (ANTARA) -
Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara melakukan serah terima dengan Dompet Dhuafa Waspada untuk program BI Religi Islam Kampung Umat Tahun 2021, Jumat (9/7).
 
Serah terima yang dilakukan secara virtual ini diberikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo kepada Manager Program Dompet Dhuafa Waspada Halimah Tusa’dyah.
 
Dalam sambutannya, Soekowardojo turut menjelaskan terkait sinergi program Kampung Umat yang dilakukan bersama Dompet Dhuafa Waspada. 
 
Dia mengatakan program Kampung Umat merupakan realisasi dari program pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pengguliran hewan ternak.

Baca juga: KolaborAksi DD Waspada-Bazma Pertamina bagikan paket sembako tahap II
 
 “Program Kampung Umat ini merupakan realisasi program pemberdayaan masyarakat dengan memelihara ternak kambing untuk digulirkan," ujarnya.
 
Soekarwadojo juga memberikan keterangan terkait sumber dana yang diberikan ini dikumpulkan dari infak dan sedekah para pegawai serta keluarga besar BI.
 
"Untuk diketahui bersama bahwa pembiayaan ini berasal dari para pegawai serta keluarga besar BI dalam gerakan 25, yakni mengumpulkan infak dan sedekah pada tanggal 25 di setiap bulannya,” ujarnya.
 
Dengan adanya program Kampung Umat ini, diharapkan ke depan penerima manfaat akan terus bertambah.
 
“Hadirnya program ini tentu memberikan harapan bagi kami agar ke depan penerima manfaat akan terus bertambah seiring dengan berkembangbiaknya ternak, yang dipelihara,” tambah Soekarwadojo.

Baca juga: DMC Dompet Dhuafa hadirkan dapur umum bantu masyarakat jalani isolasi mandiri
 
“Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa Waspada karena dalam hal ini sudah membantu memfasilitasi untuk terealisasinya program kampung umat,” tambahnya.
 
Adapun serah terima program Kampung Umat yang diberikan ini senilai Rp92.250.000. 
 
Mewakili Dompet Dhuafa Waspada, Manager Program Dompet Dhuafa Waspada Halimah Tusa’dyah juga ikut memberikan sambutannya dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Kpw BI Provinsi Sumatera Utara. 
 
“Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan Kpw BI Provinsi Sumatera Utara yang sampai saat ini masih terus mempercayai kami dibuktikan dengan banyaknya sinergi yang dilakukan, terakhir sinerginya berupa pendirian gerai zakat di kantor Kpw BI Sumatera Utara pada bulan Ramadan,” katanya.

Baca juga: Siaga 24 Jam, lewat tengah malam tim Barzah Dompet Dhuafa layani pengantaran jenazah COVID-19
 
Terkait program yang akan dijalankan ke depan yakni Kampung Umat, Halimah juga mengungkapkan program ini akan segera dilaksakan pada tahun ini.
 
“Insya Allah tahun ini program Kampung Umat akan segera kita laksanakan hingga nantinya berjalan sampai tahap pendampingan di tahun 2022, mohon sama-sama kita doakan agar berjalan lancar sesuai yang diharapkan,” ungkap Halimah. 
 
Di samping Program BI Religi Islam Kampung Ummat, turut dilakukan serah terima Herbi (hewan kurban BI) yang juga dilakukan secara virtual. 
 
Pada acara serah terima ini juga turut hadir Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara Andiwiana S, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara Ibrahim, Kepala Divisi SP PUR MI Nasrullah, Ketua BI Religi Islam Bambang Utomo.
 
 
TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
 

Pewarta : Muklasin
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024