Arinal-Sutono ingin wujudkan kereta api Bakauheni-Palembang

id Lampung ,Pilkada,Pilgub Lampung

Arinal-Sutono ingin wujudkan kereta api Bakauheni-Palembang

Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Lampung Nomor Urut 1 Arinal Djunaidi-Sutono pada debat publik yang digelar KPU Lampung. Minggu (13/10/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Jika kami terpilih, saya akan wujudkan transportasi kereta api mulai dari Bakauheni sampai ke Palembang

Bandarlampung (ANTARA) - Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Lampung Nomor Urut 1 Arinal Djunaidi-Sutono ingin mewujudkan jalur kereta api dari Bakauheni, Lampung Selatan hingga Palembang, Sumatera Selatan.

"Jika kami terpilih, saya akan wujudkan transportasi kereta api mulai dari Bakauheni sampai ke Palembang," kata Arinal dalam Debat Publik di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sempat berkomunikasi dengan sejumlah investor saat menjabat sebagai Gubernur Lampung, guna mewujudkan kereta api dari Bakauheni hingga Palembang.

"Jadi nanti penyeberangan akan dibuat dua pelabuhan. Rencana ini sudah saya sampaikan kepada petinggi di pemerintah pusat dan itu menjadi respon untuk dilanjutkan pada masa yang akan datang," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Arinal juga menyampaikan visi misinya yang akan menjadikan Lampung sebagai provinsi pertama yang menjalankan tugas dari Presiden terpilih yang mampu mewujudkan Indonesia berkedaulatan pangan.

"Lampung merupakan salah satu penghasil  pangan di Indonesia. Kita sekarang nomor 5 produksi pertanian. Kita menjadi penopang kebutuhan pangan ibu kota Jakarta sekitar 45 persen, bahkan sekarang sudah 50 persen. Jadi kami akan maksimalkan ini lagi karena lampung diberikan karunia Tuhan tanah yang subur dan sumber daya manusianya begitu baik," kata dia.

Pilgub lampung diikuti Paslon Cagub-Cawagub Nomor Urut 1 yaitu Arinal Djunaidi-Sutono dan Paslon Cagub-Cawagub Lampung Nomor Urut 2 yakni Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela.

Arinal Djunaidi merupakan politikus dan mantan pegawai negeri sipil yang menjabat Gubernur Lampung periode 2019–2024 bersama Chusnunia Chalim sebagai Wakil Gubernur Lampung.

Sutono selaku cawagub merupakan kader sekaligus Sekretaris Umum PDIP Lampung yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung pada 2016-2018.

Sementara itu, Rahmat Mirzani Djausal yang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha, saat ini merupakan Ketua DPD Gerindra Lampung serta pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019-2024.

Sedangkan, Jihan Nurlela Chalim adalah dokter dan politikus yang pernah menjabat sebagai anggota DPD RI daerah pemilihan Lampung periode 2019-2024.

Baca juga: KPU Lampung: Debat publik ajang paslon cagub-cawagub yakinkan pemilih

Baca juga: KPU Lampung minta paslon kepala daerah serahkan rekening dana kampanye

Baca juga: KPU Lampung: Pasangan Arinal-Sutono nomor 1 dan Rahmat-Jihan nomor 2