FTIK Itera selenggarakan gelar wicara semarak Dies Natalis pertama

id Itera, pendidikan lampung

FTIK Itera selenggarakan gelar wicara semarak Dies Natalis pertama

Kegiatan rangkaian Dies Natalis FTIK Itera. ANTARA/HO-Itera.

Bandarlampung (ANTARA) - Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK) Institut Teknologi Sumatera (Itera) memperingati Dies Natalis pertamanya pada 20-21 September 2024 dengan menyelenggarakan kegiatan gelar wicara.
 
"Dengan mengusung tema “Maju Bersama, FTIK Jaya”, rangkaian kegiatan di hari pertama diisi dengan talkshow bersama Bank Indonesia Perwakilan Lampung dan dialog dengan calon bupati Lampung Selatan turut memeriahkan perayaan ini," ujar Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FTIK Itera, Roy Candra P. Sigalingging, S.T., M.Sc., Ph.D berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Minggu.
 
Ia mengatakan, dalam talkshow tersebut, perwakilan bank sentral Lampung memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.
 
"Para narasumber dari Bank Indonesia memaparkan tugas dan peran Bank Indonesia di hadapan para peserta. Selain mendapatkan pengetahuan seputar keuangan dari Bank Indonesia," katanya.
 
Kemudian, turut hadir kedua calon Wakil Bupati Lampung Selatan yaitu H. Antoni Imam, dan Syaiful Anwar mewakili masing-masing pasangan calon. Antusias mahasiswa terlihat, dengan banyaknya peserta yang menyampaikan berbagai pertanyaan kepada para calon wakil bupati.
 
Selain itu, telah dilakukan pula dialog bersama Badan Pusat Statistik (BPS) dengan narasumber Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis. 
 
Dalam dialog tersebut Perwakilan BPS Provinsi Lampung, memaparkan data yang menunjukkan bahwa populasi penduduk di Kabupaten Lampung Selatan terus meningkat, dengan kepadatan penduduk mencapai 498,6 per kilometer persegi. 
 
Dan daerah tersebut didominasi oleh penduduk usia produktif dan memiliki angka ketergantungan yang rendah, memasuki era bonus demografi yang potensial.
 
Sektor andalan Lampung Selatan, yakni pertanian, menjadi sektor terbesar dibandingkan sektor lainnya, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. Data ini menggambarkan potensi besar yang dimiliki Lampung Selatan sebagai daerah dengan perkembangan ekonomi yang pesat.
 
Puncak acara diadakan pada Sabtu, 21 September 2024, dengan rangkaian kegiatan berupa exhibition dari program studi, UMKM, dan berbagai lomba di area GKU 2. FTIK juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kota Prabumulih. 
 
Acara puncak ditutup dengan kegiatan jalan sehat bersama sivitas akademika FTIK dan pembagian doorprize yang semakin memeriahkan suasana.