Adelia sumbang emas kedua untuk Lampung dari angkat besi

id pon aceh-sumut 2024,angkat besi,angkat besi putri 45 kilogram,adelia prasasti,lifter

Adelia sumbang emas kedua untuk Lampung dari angkat besi

Lifter Jakarta Lisa Indriyani (kiri), lifter Lampung Adelia Prasasti (tengah), dan lifter Jawa Timur Lisa Setiawati (kanan) berpose setelah upacara penghargaan pemenang PON Aceh-Sumatera Utara 2024 cabang angkat besi 45 kilogram putri di GOR Seramoe, Banda Aceh, Rabu (4/9/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Banda Aceh (ANTARA) - Lifter Adelia Prasasti menyumbang medali emas kedua untuk Lampung dari cabang angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 setelah menjadi yang terbaik pada kelas 45 kilogram putri di GOR Seramoe, Banda Aceh, Rabu.

Adelia mengungguli para pesaingnya dengan total angkatan 161 kilogram. Pada angkatan snatch, ia memiliki catatan terbaik 70 kilogram, sedangkan pada angkatan clean and jerk, atlet binaan padepokan Gajah Lampung itu memiliki catatan terbaik 91 kilogram.

Medali perak kelas ini menjadi milik lifter Jakarta Lisa Indriyani dengan total angkatan 156 kilogram, sedangkan lifter Jawa Timur Lisa Setiawati membawa pulang perunggu dengan total angkatan 146 kilogram.

Adelia yang baru pertama kali mengikuti PON itu sukses pada dua percobaan angkatan snatch. Pada angkatan pertama, ia berhasil mengangkat beban 66 kilogram, kemudian gagal mengangkat beban 70 kilogram pada percobaan kedua, tetapi berhasil mengangkat beban yang sama pada percobaan ketiga.

Sedangkan pada angkatan clean and jerk, Adelia juga sukses mengangkat pada dua percobaan, yakni pada angkatan pertama seberat 86 kilogram dan 91 kilogram. Angkatan 91 kilogram menjadi yang terberat yang dapat diangkat pada clean and jerk kelas putri 45 kilogram ini.

Sebelumnya, lifter Lampung Muhammad Husni juga menyumbang emas dan memecahkan berbagai rekor nasional pada cabang angkat besi kelas 55 kilogram putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Keberhasilan Husni memenangi medali emas membuat dirinya akan mendapatkan bonus Rp 300 juta dari Pemerintah Provinsi Lampung. Husni mengatakan uang bonus itu akan digunakan untuk kebutuhan orang tuanya.

“Ya buat beli rumah, buat orang tua. Sama disimpan buat ke depannya saya. Yang penting orang tua dulu,” pungkas sosok pemalu yang mengenal olahraga angkat besi sejak usia 11 tahun itu.
 
Dalam kesempatan itu, turut hadir Kabid Binpres KONI Lampung, Dr Chandra Kurniawan bersama tim kontingen Lampung itu memberikan semangat kepada atlet angkat besi Lampung.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Adelia sumbang medali emas kedua untuk Lampung dari angkat besi