KONI Lampung gandeng Itera untuk latih mental atlet jelang PON XXI

id pon, atlet pon lampung, koni lampung, itera, prodi rekayasa olahraga

KONI Lampung gandeng Itera untuk latih mental atlet jelang PON XXI

Ilustrasi - Pelaku UMKM menyosialisasikan sekaligus menjual produk PON 2024 pada Hari Koperasi Festival 2024 di Pekan Raya Sumatera Utara, Medan. (ANTARA/Michael Siahaan)

Menjelang PON, kami terus memantapkan persiapan para atlet, tidak hanya dari sisi fisik dan teknis, tetapi juga mental
Bandarlampung (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung menggandeng Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk memberikan pelatihan mental atlet menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Menjelang PON, kami terus memantapkan persiapan para atlet, tidak hanya dari sisi fisik dan teknis, tetapi juga mental," kata Ketua Harian KONI Lampung Amalsyah Tarmizi, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan KONI Lampung bersama Program Studi Rekayasa Olahraga Institut Teknologi Sumatera (Itera) melakukan pembinaan mental para atlet guna menghadapi perhelatan besar seperti PON.

Pada kegiatan tersebut, lanjutnya, sejumlah atlet dari tujuh cabang olahraga mengikuti pelatihan yakni gulat, wushu, sofbol, korfbal, sepatu roda, muaythai, dan sambo.

Amalsyah mengatakan bahwa tujuh cabang olahraga ini dipilih dikarenakan para atletnya masih melakukan latihan di sekitar area gedung KONI Lampung atau kompleks PKOR Way Halim, Bandarlampung.

"Kehadiran Itera di tengah masyarakat, khususnya dengan adanya Prodi Rekayasa Olahraga, diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan prestasi atlet-atlet Lampung. Kami juga melihat antusiasme dari atlet-atlet yang masih SMA yang tertarik pada program ini, dan besar kemungkinan mereka akan melanjutkan studi di bidang rekayasa olahraga," tambah Amalsyah.

Ia juga menekankan pentingnya sinergisitas antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan komunitas olahraga dalam menciptakan prestasi yang lebih baik bagi Provinsi Lampung.

"Dengan pembinaan mental yang terarah, diharapkan para atlet dapat tampil dengan percaya diri dan membawa pulang medali emas untuk Lampung," tuturnya.

Amalsyah turut berharap PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang sudah di depan mata ini, para atlet Lampung siap untuk bersaing.

"Saya berharap dengan persiapan yang matang, termasuk dari sisi mental, para atlet PON Lampùng bisa meraih hasil yang membanggakan," tambah mantan Danrem 043/Gatam itu.

Baca juga: KONI Lampung berharap cabor senam sumbang medali PON

Baca juga: Lampung bertekad wujudkan target 10 besar PON XXI

Baca juga: Terjun payung Lampung targetkan raih medali PON XXI