Unila laksanakan pemotongan kurban 32 sapi dan 17 kambing

id lampung, unila, hewan kurban, qurban, kambing, sapi, universitas lampung

Unila laksanakan pemotongan kurban 32 sapi dan 17 kambing

Unila adakan kurban 32 sapi dan 17 kambing pada Idul Adha 2024 (ANTARA/HO-Unila)

Kalau tahun kemarin jumlahnya 32 ekor sapi dan sembilan ekor kambing, maka sekarang jumlah kambingnya yang naik.

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 32 ekor sapi dan 17 ekor kambing, Selasa, (18/6) bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Ketua pelaksana kegiatan kurban Unila sekaligus kepala BPHM Budi Sutomo, dalam laporannya mengungkapkan, pada tahun ini jumlah hewan kurban Unila total mencapai 49 ekor.

“Tahun ini naik. Kalau tahun kemarin jumlahnya 32 ekor sapi dan sembilan ekor kambing, maka sekarang jumlah kambingnya yang naik. Jadi seluruhnya 32 sapi dan 17 ekor kambing,” jelasnya.

Adapun hewan kurban tersebut di antaranya berasal dari pimpinan Unila, Rektor beserta jajaran, UPT, delapan fakultas, hingga perusahaan mitra Unila antara lain PGN, Telkom, BSI, dan BRI.

Ia juga melaporkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini diawali di halaman belakang rektorat dan setelah itu dilanjutkan di di fakultas-fakultas di lingkungan Unila.

Dalam pelaksanaannya, Budi menuturkan, tim kesehatan hewan telah melaksanakan pemeriksaan untuk hewan kurban Unila dan tahapan persiapan oleh segenap panitia. Terdapat 2.907 lembar kupon yang tersebar baik di lingkungan Unila maupun masyarakat sekitar.

Di kesempatan yang sama, Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, mengucapkan mohon maaf lahir batin dan berharap pelaksanaan kurban ini mendapat barokah dan rahmat dari Allah subhanahu wa taala.

Ia meyakini, upaya ini dilakukan dalam rangka menyisihkan rezeki yang sudah diperoleh selama satu tahun sekaligus menyucikan diri dan berbagi kepada sesama.

Rektor juga berharap, tahun depan jumlah kurban yang dikumpulkan dapat lebih meningkat karena ini merupakan momen kebersamaan dan kekompakan antarsesama.

Ia berpesan agar kupon dapat dibagikan secara merata di Unila dan di sekitar kampus sehingga kebermanfaatan dan keberadaan Unila turut dirasakan masyarakat sekitar.

Lusmeilia juga berpesan agar dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, Unila dapat berkontribusi untuk masyarakat sekitar kampus Unila dan juga skala lebih luas.

“Mudah-mudahan ini dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan. Semoga ke depan tidak hanya di sekitar Unila saja, namun juga beberapa daerah yang kurbannya dirasa masih kurang,” ungkapnya.

Baca juga: Unila sambut kunjungan studi banding Tim BLU ITK Kalimantan Timur

Baca juga: Unila terima 5.278 mahasiswa baru lewat jalur SNBT

Baca juga: Unila sosialisasikan Sertifikasi Dosen Gelombang Satu 2024