Pecatur muda Nayaka Budidharma juara 2nd SCUA FIDE Rated

id Nayaka Budidharma,SCUA FIDE Rated 2024,PB PERCASI

Pecatur muda Nayaka Budidharma juara 2nd SCUA FIDE Rated

Pecatur muda Nayaka Budidharma (tiga dari kiri) saat menerima penghargaan usai mengunci gelar juara Kejuaraan Catur 2nd PERCASI SCUA FIDE Rated 2024 kategori terbuka yang berlangsung di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Minggu (03/03/2024). (ANTARA/HO-SCUA FIDE Rated 2024)

Jakarta (ANTARA) - Pecatur muda Nayaka Budidharma mengunci gelar juara Kejuaraan Catur 2nd PERCASI SCUA FIDE Rated 2024 kategori terbuka.

Dalam keterangan resmi yang diterima pewarta, Minggu, pecatur pelatnas junior berusia 18 tahun tersebut menorehkan gelar juara usai menaklukkan pecatur senior FIDE Master Maksum Firdaus (2183) pada babak sembilan, yang merupakan babak terakhir kompetisi.

"Ini merupakan hasil dari pembinaan kalau kita melihat sekarang ini juga banyak pemain-pemain nasional kita yang lama seperti Syarif Mahmud dan Irwanto (Sadikin). Saya senang turnamen ini bisa dimenangkan oleh pemain muda yang berumur 18 tahun, ini berarti menandakan regenerasi yang berhasil," kata Dewan Pembina PB PERCASI Eka Putra Wirya.

Kompetisi Catur bergengsi yang berlangsung di SCUA Rawalumbu, Bekasi, berhasil menarik perhatian 103 pecatur dari seluruh Indonesia serta peserta dari enam negara lainnya, seperti Inggris, Finlandia, Uzbekistan, Malaysia, Singapura, Australia, dan Myanmar.

Menurut Eka Putra Wirya yang juga merupakan pemilik Sekolah Catur Utut Ardianto tersebut, penampilan para pecatur seperti Nayaka Budidharma memang harus dibentuk untuk menganggap setiap pertandingan merupakan final.

"Dalam pertandingan selalu harus ada target buat mereka. Mereka harus menganggap setiap pertandingan adalah final dan penting, ini yang harus kita tekankan ke setiap pemain jangan sekali-kali mereka bermain seadanya," ujar Eka Putra Wirya.




Pintu kemenangan Nayaka semakin terbuka setelah FM Maksum Firdaus melakukan kesalahan pada langkah ke-40 dengan memakan kudanya putih milik Nayaka di F3. Langkah ini membuka peluang bagi Nayaka untuk menguasai jalannya permainan.

Pada langkah ke-49, setelah upaya perlawanan yang gigih, Firdaus Maksum akhirnya menyerah, memberikan kemenangan telak bagi Nayaka sekaligus meraih point 8 dari 9 babak yang dimainkan.

Peringkat kedua kategori terbuka ditempati FM Kemas Ade Krisna diikuti Master Nasional Eko Supriyono sama-sama mengumpulkan 7 point.

Nayaka Budidharma yang saat ini tengah menjalani pelatnas PB PERCASI untuk persiapan menuju keikutsertaannya di kompetisi internasional. Kemenangan ini menjadi yang kedua kalinya baginya setelah sebelumnya juga meraih juara pada Kejuaraan PERCASI - SCUA FIDE Rated pada November 2023. Keberhasilan ini semakin memotivasinya untuk mengejar prestasi lebih tinggi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pecatur muda Nayaka Budidharma kunci gelar juara 2nd SCUA FIDE Rated