Muhaimin Iskandar dicecar Gibran soal LFP

id debat keempat,debat cawapres,debat pilpres 2024,debat cawapres 2024,pilpres 2024

Muhaimin Iskandar dicecar Gibran soal LFP

Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat/tom.

'Lithium ferrophosphate'. Itu sering digaungkan oleh Pak Tom Lembong (Co-Captain Timnas AMIN) itu, kata Gibran
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka mencecar Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar dengan menanyakan posisi Muhaimin terkait dengan lithium ferrophosphate (LFP).

"Paslon Nomor Urut 01 dan tim suksesnya ini sering menggaungkan LFP, saya enggak tahu ini pasangan nomor urut 01 ini antinikel atau bagaimana?" ujar Gibran mengawali segmen kelima debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu malam.

Moderator debat lantas mempersilakan Gibran untuk menjelaskan istilah LFP.

"Akan saya gunakan apabila pertanyaan belum jelas. Bagaimana Gus Muhaimin? Saya jelaskan juga enggak apa-apa," kata Gibran.

Gibran menjelaskan bahwa LFP adalah lithium ferrophosphate.

"Apa?" kata Muhaimin.

"Lithium ferrophosphate. Itu sering digaungkan oleh Pak Tom Lembong (Co-Captain Timnas AMIN) itu," kata Gibran.

"Litium?" sahut Muhaimin.

"Lithium ferrophosphate," ujar Gibran.

Muhaimin lantas menjawab pertanyaan Gibran bahwa etika lingkungan perlu dalam menentukan apapun kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya alam (SDA).

"Prinsipnya sederhana. Semua kembali kepada etika, Pak Gibran. Etika itu adalah etika lingkungan. Apapun yang menjadi kebijakan kita, menyangkut produksi pengambilan tambang, SDA, juga apa pun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini rujukannya adalah etika lingkungan," ujarnya.

Gibran mengaku aneh mengapa calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan itu tidak paham akan LFP. Padahal, kata Gibran, tim sukses Anies dan Muhaimin, yakni Timnas AMIN, sering membahas hal itu.

"Ini agak aneh, ya. Yang sering ngomongin LFP itu timsesnya, tetapi cawapresnya enggak paham LFP itu apa. 'Kan aneh. Sering bicara LFP, LFP, lithium ferrophosphate," kata GIbran.

Lebih lanjut, pendamping Prabowo Subianto itu menjelaskan kepada Muhaimin makna dari LFP.

"Saya jelaskan sekali lagi, lithium ferrophosphate, itu adalah alternatif dari nikel. Intinya ada negara yang enggak mau pakai nikel. Itu loh, Gus, yang saya maksud. Apakah Gus Muhaimin juga antinikel?" ujar dia.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.