Menteri Agama jajal vespa listrik karya siswa MAN 2 Bandarlampung

id Lampung,Bandarlampung,Kemenag Lampung,Kemenag,Hari Amal Bhakti

Menteri Agama jajal vespa listrik karya siswa MAN 2 Bandarlampung

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjajal vespa listrik karya siswa MAN 2 Bandarlampung pada gelaran Devotion Experience (Dev-X) yang merupakan puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama di JCC Senayan. Jumat, (5/1/2023). (ANTARA/HO-Kemenag Lampung)

Tunggangannya enak. Halus, tarikannya halus. Nilai 100, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menjajal vespa listrik karya siswa MAN 2 Bandarlampung pada gelaran Devotion Experience (Dev X) sebagai puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama di JCC Senayan.

"Ini merupakan bukti nyata bahwa siswa madrasah tidak hanya mampu dalam bidang agama saja," kata Kepala Kemenag Lampung Puji Raharjo dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Menurut Puji, saat ini siswa madrasah juga mampu bersaing dan menunjukkan kemampuan terbarukan yang menjadi modal penting bagi kesuksesan hidup mereka di masa depan.

"Ini adalah bentuk pembekalan kepada siswa madrasah ketika lulus, mereka memiliki kemampuan untuk pengembangan usaha. Tentu kami berharap kreativitas ini bisa terus berkembang dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat diproduksi lebih luas," kata Puji.

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Kabalitbang Diklat) Kemenag RI Suyitno juga mengapresiasi kemampuan siswa MAN 2 Bandarlampung yang mampu menghasilkan kreativitas tinggi tersebut.

“Ini (karya motor listrik) menunjukkan bahwa anak madrasah sudah memiliki talenta di atas rata-rata,” katanya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo yang ikut mencoba vespa listrik buatan siswa MAN 2 Bandarlampung mengatakan tarikan kendaraan tersebut sangat baik.

“Tunggangannya enak. Halus, tarikannya halus. Nilai 100,” kata dia.

Kegiatan pameran Dev-X dalam rangka HAB ke-78 Kemenag menyajikan sejumlah karya berbasis teknologi dari beberapa direktorat dan lembaga mitra Kemenag. Di antara karya yang ditampilkan adalah dua motor vespa listrik berwarna biru dan merah karya siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung.

Pada kesempatan tersebut, Menag Yaqut dan beberapa pejabat Kementerian Agama RI menjajal vespa yang didesain untuk mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik.

Vespa warna biru menggunakan aki kering 12 V, 20.2 AH, dengan motor penggerak berdaya 1.500 watt. Sementara Vespa dengan warna merah menggunakan baterai lithium-ion dengan motor berdaya 3.000 watt, setara dengan kekuatan motor Tiger.

Vespa ini membutuhkan pengisian baterai bisa sampai 4 jam dan bisa menempuh jarak sekitar 100 km.