Sandiaga sebut Rizal Ramli tokoh yang berpihak kepada rakyat

id Rizal Ramli,Sandiaga uno,Menparekraf

Sandiaga sebut Rizal Ramli tokoh yang berpihak kepada rakyat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di rumah duka Rizal Ramli, Jakarta Selatan pada Rabu (3/1/2024). ANTARA/Farhan Arda Nugraha.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengenang ekonom senior yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sebagai tokoh yang memperjuangkan pemikiran ekonomi yang berpihak kepada rakyat.

"Kita kehilangan seorang tokoh bangsa, seorang tokoh sejati yang memperjuangkan pemikiran ekonomi yang berpihak kepada rakyat," kata Sandiaga saat ditemui di rumah duka Rizal Ramli, Jakarta Selatan pada Rabu.

Dia juga mengenang Rizal Ramli sebagai sosok yang memiliki pemikiran visioner serta memiliki sudut pandang berbeda daripada umumnya.

"Jadi selalu menimbulkan diskursus yang menarik tapi niatnya untuk bangsa Indonesia," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga bercerita tentang pesan yang pernah disampaikan Rizal Ramli kepadanya untuk selalu mengedepankan kepentingan nasional dalam perekonomian negara seperti yang tertuang pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 33.

"Jadi waktu saya berjuang saat di 2017, dia ingatkan bagaimana nanti reklamasi itu harus memberikan dampak positif pada rakyat kecil," tuturnya.

Selain itu, Sandiaga juga menceritakan saat dirinya dan Rizal Ramli bergabung di Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) mendorong pengusaha-pengusaha nasional berperan lebih besar dalam pembangunan Indonesia.

"Kami sama-sama di Asprindo memperjuangkan bagaimana pengusaha-pengusaha nasional bisa mengambil peran yang lebih besar dalam pembangunan Indonesia khususnya untuk mencapai Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Diketahui, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024, pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Rencananya, jenazah Rizal Ramli dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, pada Kamis (4/1).




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Rizal Ramli tokoh yang berpihak kepada rakyat