BPN serahkan 75 sertifikat BMD kepada Bupati Pesisir Barat

id Pesisir Barat ,BPN ,Pemkab,bpn lampung

BPN serahkan 75 sertifikat BMD kepada Bupati Pesisir Barat

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menerima sertifikat BMD dari Kepala Kantor BPN setempat Nanang Setiawan. ANTARA/HO-Kominfo Pesisir Barat

Angka tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun 2023 yang hanya sebanyak 388 bidang.

Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir  Barat, Provinsi Lampung menerima 75 sertifikat Barang Milik Daerah (BMD) tahun 2023 dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat pada Selasa.

Sertifikat tanah hak pakai tersebut diterima langsung oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal yang diserahkan oleh Kepala BPN setempat Nanang Setiawan.

Bupati menyampaikan apresiasinya terhadap jajaran Kantor Pertanahan Pesisir Barat yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya terhadap masyarakat setempat.

"Terima kasih atas komitmen Kantor Pertanahan Pesisir Barat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, serta kerja sama yang baik dengan pemkab di wilayah ini dalam hal melengkapi sertifikat BMD," kata Agus Istiqlal, dalam keterangannya, Selasa.

Kepala Kantor Pertanahan Pesisir Barat Nanang Setiawan mengatakan bahwa penyerahan sertifikat BMD tersebut berjumlah 75 sertifikat aset BMD. 

"Sementara saat ini masih ada beberapa berkas yang belum selesai dan masih terus dikebut, yang ditargetkan bisa diselesaikan pada Januari bulan depan," kata Nanang Setiawan.

Ia berharap agar dalam melakukan pengajuan data bidang yang akan diajukan agar lebih lengkap, mulai dari batas-batas, serta dokumen lainnya yang diperlukan. "Sehingga dapat mempermudah petugas dalam melakukan tugas-tugasnya di lapangan dan mempercepat pengerjaan," ujarnya pula.

Pada tahun 2024 mendatang, katanya lagi, pihaknya menargetkan pembuatan sertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) mencapai 1.491 bidang dengan total luas mencapai 3.000 hektare lebih.

"Angka tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun 2023 yang hanya sebanyak 388 bidang," ujar dia.

Turut mendampingi Bupati saat menerima sertifikat tanah BMD itu, Penjabat Sekda Jon Edwar, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Zukri Amin, dan para kepala organisasi perangkat daerah, dan dihadiri langsung Kepala Kantor Pertanahan Pesisir Barat Nanang Setiawan.
Baca juga: Bupati Lampung Selatan bersama Menteri ATR/BPN RI serahkan 353 sertifikat huntap tahap II
Baca juga: BPN serahkan 100 sertifikat tanah hak pakai lepada Pemkab Lampung Barat