RS Abdul Moeloek Lampung kembangkan sistem layanan digital kesehatan

id Digitalisasi layanan kesehatan, RSUDAM Lampung, digitalisasi rumah sakit

RS Abdul Moeloek Lampung kembangkan sistem layanan digital kesehatan

Direktur RSUDAM Lampung dr Lukman Pura saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jadi melalui digitalisasi layanan kesehatan ini rumah sakit daerah dari level provinsi hingga kabupaten saling terhubung melalui sistem digital, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung mengembangkan sistem layanan digital guna meningkatkan layanan kesehatan di daerahnya.

"Upaya pembenahan layanan kesehatan untuk masyarakat akan terus dilakukan di rumah sakit umum daerah, dan kita saat ini tengah menuju ke paperless hospital," ujar Direktur RSUDAM Lampung dr Lukman Pura di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dengan pengembangan sistem layanan digital di rumah sakit akan membuat pelayanan kesehatan bagi masyarakat menjadi lebih cepat dan efisien.

"Jadi melalui digitalisasi layanan kesehatan ini rumah sakit daerah dari level provinsi hingga kabupaten saling terhubung melalui sistem digital. Lalu mengurangi penggunaan kertas sehingga pasien hanya perlu mendaftar secara digital jadi lebih simpel, akurat, serta cepat," katanya.

Lukman menjelaskan transformasi digital pada layanan kesehatan di rumah sakit umum daerah tersebut juga akan mempermudah tenaga medis sekaligus pasien dalam memroses pendaftaran, pencatatan medis, melakukan pemeriksaan laboratorium, hingga pengobatan medis.

"Dengan pembenahan berbagai layanan kesehatan di rumah sakit daerah diharapkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak lagi pergi keluar negeri. Melainkan bisa langsung ditangani di Lampung saja dan ini jadi pembuktian negara hadir untuk masyarakat dalam menjamin kesehatan mereka," ucapnya.

Menurut dia, masyarakat pun diimbau untuk ikut serta mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS untuk mempermudah bila membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Ketika rumah sakit sudah menerapkan sistem digital. Kami pun mengimbau kepada masyarakat perlu juga mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS, sebab ini akan mempermudah dalam mendapatkan layanan kesehatan sekaligus ini sangat membantu rumah sakit," tambahnya.