Warga Lampung Tengah temukan bahan peledak dan amunisi di KM118 JTTS

id Bahanpeledak

Warga Lampung Tengah temukan bahan peledak dan amunisi di KM118 JTTS

Hamzah warga yang menemukan munisi dan bahan peledak menyerahkan ke Babinsa Koramil Babinsa Koramil 411-12/Gunung Sugih Kodim 0411/KM Sertu Edi Sartono. (ANTARA/Humas Kodim 0411/KM)

Mendapatkan laporan dari warga binaannya tersebut, Sertu Edi Sartono segera menuju kediaman Hamzah dan mengamankan temuan tersebut, terang Danramil

Lampung Tengah (ANTARA) - Warga Dusun III, Kampung Rengas, Kabupaten Lampung Tengah, Hamzah (26) menemukan granat tangan dan puluhan butir amunisi yang terbungkus dalam plastik hitam di pinggiran Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Kilometer 118, Kamis sore.

Setelah menemukan hal tersebut, Hamzah yang merupakan petugas pengawas lapangan (PML) Ronding langsung melaporkannya ke Banbinsa Koramil Koramil 411-12/Gunung Sugih Kodim 0411/KM Sertu Edi Sartono.

Danramil 411-12/GS Kapten Inf Suprobo menjelaskan, bahan peledak dan puluhan butir amunisi tersebut ditemukan Hamzah sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, Hamzah yang tengah beristirahat menemukan plastik hitam yang mencurigakan.

"Hamzah ini bekerja sebagai salah satu pekerja PML jalan tol, berniat melaksanakan istirahat kerja, sembari mencari tempat istirahat dia menyempatkan diri untuk mencari beberapa botol bekas yang ada di lereng jalan tol," ucapnya.

"Saat mencari botol bekas itu ia melihat kantong plastik berwarna hitam yang ada di sekitar sampah-sampah lereng jalan tol, dengan sedikit penasaran memeriksa dan membuka plastik hitam tersebut yang ternyata isinya terdapat benda yang disinyalir sebagai bahan peledak dan amunisi," katanya.

Mengetahui isi plastik tersebut, lanjutnya, Hamzah segera memanggil beberapa kawan kerjanya yaitu Imboi (35), Ipan Fauzi (35) dan Sutarno (40) untuk segera mengamankan kantong plastik hitam tersebut beserta isinya sembari melaporkannya kepada Babinsa Koramil 411-12/Gunung Sugih Kodim 0411/KM Sertu Edi Sartono.

"Mendapatkan laporan dari warga binaannya tersebut, Sertu Edi Sartono segera menuju kediaman Hamzah dan mengamankan temuan tersebut. Kemudian segera lapor cepat kepada saya," terang Danramil.

Kapten Inf. Suprobo mengaku sudah melaporkan kepada Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman untuk memohon petunjuk.

Setelah mendapatkan laporan itu Dandim segera memerintahkan personel Unit Intel dan Provost serta Bintara Fourir Kodim 0411/KM untuk mengamankan temuan tersebut ke Makodim 0411/KM.

Selanjutnya Dandim 0411/KM melaporkan kepada Komando Atas untuk segera diamankan di Detasemen Peralatan II/3 Bandarlampung guna diidentifikasi dan penyelidikan selanjutnya.

Adapun isi kantong plastik hitam yang ditemukan untuk sementara ini berupa amunisi kaliber 7,56 mm sebanyak 88 butir, amunisi .30 sebanyak tiga butir, amunisi .45 sebanyak satu butir dan satu buah granat nanas.