Menkes sebut bersenang-senang kunci kesehatan jiwa

id Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, HKN 2023, kesehatan mental,Stres,RSJ,Bogor,Marzoei Mahdi,Jabar,Caleg,Gantung Diri,Menkes

Menkes sebut bersenang-senang kunci kesehatan jiwa

Tangkapan layar - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela Festival Ayo Sehat dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 di Jakarta, Sabtu (11/11/2023). ANTARA/Andi Firdaus.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengampanyekan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental melalui gaya hidup sehat dan rutin berolahraga, karena bersenang-senang kunci kesehatan jiwa.

"Kesehatan mental lagi tren. Jangan lupa senang-senang, dengarkan musik, ngobrol dengan keluarga, dan juga rajin berolahraga supaya jiwanya juga sehat," kata Budi Gunadi Sadikin di sela Festival Ayo Sehat dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 di Jakarta, Sabtu.

Budi mengatakan definisi sehat bukan hanya sehat fisik, tapi sehat mental demi menunjang rutinitas sehari-hari.

Menurut Budi saat ini satu dari sepuluh orang di Indonesia mengalami gangguan kesehatan jiwa dengan beragam tingkatan.

"Selain itu, gangguan kesehatan jiwa juga menjadi sorotan dunia, di mana satu dari delapan orang di dunia atau setara sekitar 910 juta orang mengalami gangguan kesehatan jiwa," kata Budi menambahkan.

Dia mengategorikan gangguan kesehatan jiwa menjadi tiga jenis, yakni anxiety yang ditandai dengan perasaan resah dan tidak tenang, depresi, dan pada tahap akhir menjadi skizofrenia.

"Makin lama makin meningkat masalah kesehatan jiwa," katanya.

Selain kesehatan mental, kata Budi, cara mudah untuk hidup sehat, cukup dengan mengatur pola makan dan olahraga teratur.

"Dalam agama saya diajarkan, sebelum kenyang itu harus berhenti (makan) dan olahraganya 30 menit dalam sehari, lima kali dalam seminggu sampai kita wafat," katanya.