Atlet Riau raih medali emas pada nomor lontar martil putri Porwil XI

id Pemprov Riau,Porwil XI,lontar martil

Atlet Riau raih medali emas pada nomor lontar martil putri Porwil XI

Indah Pratiwi kontingen cabang atletik Riau meraih medali emas dari nomor lomba lempar martil putri sejauh 44,64 meter, lolos PON Aceh-Papua. ANTARA/HO-Humas Pemprov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Atlet atletik Riau Indah Pratiwi meraih medali emas dari nomor lontar martil putri pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023 di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa.

"Lemparan martil Indah sejauh 44,64 meter itu membuahkan emas dan menempatkannya lolos PON Aceh-Sumatera Utara karena sesuai keputusan dari PB PASI, limit PON adalah 30 meter," kata Manajer Tim Atletik Riau Saparudin di Stadion Tuanku Tambusai, Kampar kepada media, Selasa.

Sementara itu, atlet Bangka Belitung Ayu Fatikasari meraih medali perak dengan catatan lemparan sejauh 27,70 m dan perunggu diraih atlet Riau Putri Arsima dengan lontaran martil sejauh 19,78 m.

Dengan tambahan emas dari nomor lontar martil, Riau sudah mengumpulkan total 15 emas, delapan perak, dan sembilan perunggu. Khusus di cabang atletik, Riau meraih tiga emas dari target delapan medali emas.

"Untuk hari ini cabang olahraga atletik masih berlangsung pertandingan babak pengisian dan final di beberapa nomor. Untuk kontingen Riau sendiri optimistis kembali akan meraih medali," katanya.

Pada babak pengisian ini, lanjutnya, nomor yang dipertandingkan adalah lompat jangkit, lari gawang putra dan putri. Lalu, heptatlon, lempar cakram, serta lari estafet putra dan putri.

Sebelumnya Porwil XI Sumatera di Riau resmi dibuka pada Sabtu (4/11) malam di Pekanbaru oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) yang diwakili oleh Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa Putera.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution mengatakan kontingen Riau harus mampu menjadi juara umum di ajang tersebut.

"Atlet Riau harus semangat, optimistis jadi juara umum sesuai harapan bersama dan selama dalam menjalankan pertandingan saya meminta kepada seluruh kontingen untuk menjaga maruah Riau. Sopan santun dan menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding," katanya.