Sebanyak 21.537 wisman berkunjung ke Pesisir Barat Januari-September 2023

id Pesisir Barat,Jumlah kunjungan wisman ,Wisata,wisatawan pesisir barat

Sebanyak 21.537 wisman berkunjung ke Pesisir Barat Januari-September 2023

Suasana saat sejumlah wisatawan menikmati keindahan Pantai Labuhan Jukung, Krui, Pesisir Barat, Lampung. ANTARA/Riadi Gunawan

Jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Pesisir Barat pada tahun 2023 itu menurun dibandingkan tahun 2022.

Pesisir Barat (ANTARA) - Sebanyak 21.537 wisatawan mancanegara atau wisman yang mengunjungi Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada Januari hingga September 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat I Nyoman Setiawan mengatakan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Pesisir Barat pada tahun 2023 itu menurun dibandingkan tahun 2022.

"Untuk jumlah wisman periode Januari sampai dengan September sebanyak 21.537, sedangkan untuk tahun 2022 sebanyak 26.106 orang," kata I Nyoman Setiawan, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah pengunjung wisata dari mancanegara ini di antaranya disebabkan situasi pandemi COVID-19 yang sudah mulai membaik.

Selain itu, kompetensi World Surfing Krui Pro QS 5000, yang lalu juga ikut menyumbang peningkatan jumlah wisatawan mancanegara tersebut.

Pihaknya juga, katanya terus mempromosikan objek wisata di wilayah tersebut, untuk mengenalkan berbagai objek wisata andalan ke wisatawan asing dan domestik.

Dia mengatakan promosi utama yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata untuk membuat wisatawan asing berlibur di Pesisir Barat, yakni dengan mengadakan kegiatan kejuaraan surfing internasional setiap tahun.

"Jadi memang promosi kami ya dengan adanya kejuaraan Surfing Krui Pro, kami mengenalkan bahwa ombak di wilayah ini bagus dan diminati wisatawan asing," kata dia lagi.

Ia juga mengatakan tidak hanya dengan PHRI dan Krui Pro saja, namun promosi tersebut terus dilakukan dengan cara mengenalkan berbagai objek wisata andalan di media sosial, online dan televisi, untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang mengunjungi Pesisir Barat.

Pesisir Barat adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Sejak 25 Oktober 2012, Pesisir Barat resmi terbentuk menjadi kabupaten sendiri, sehingga usianya sebagai kabupaten yang mandiri memang masih dini.

Walaupun demikian, Pesisir Barat sudah memiliki banyak fasilitas pemerintahan yang layak, dengan objek wisata termasuk kuliner yang menarik dan menyenangkan.
Baca juga: 9.050 wisatawan kunjungi Pesisir Barat selama libur Lebaran 2023
Baca juga: Objek wisata Pantai Labuhan Jukung dipadati wisatawan saat hari libur