Jurusan Sains Itera inisiasi kerja sama riset dengan Laboratorium Advance Cosmetic Science Osaka University

id lampung, itera, kampus

Jurusan Sains Itera inisiasi kerja sama riset dengan Laboratorium Advance Cosmetic Science Osaka University

Jurusan Sains Itera Inisiasi Kerja Sama Riset dengan Laboratorium Advance Cosmetic Science Osaka University (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Jurusan Sains, mengadakan pertemuan dengan Osaka University untuk membahas kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Rapat ini dihadiri Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, Wakil Ketua LPPM Dr. Muhamad Fatikul Arif, Wakil Ketua LP3M Handoyo, Sekertaris Jurusan JTIK Roy Candra P Sigalingging, Ketua Program Studi Farmasi Dr. apt. Syaikhul Aziz, Ketua Program Studi Rekayasa Kosmetik Suryaneta serta sivitas akademika Itera.

Pertemuan tersebut dipandu oleh dosen Prodi Rekayasa dan Tata Kelola Air Terpadu Itera Rahma Yanda, M.Eng., Ph.D. Dalam pertemuan tersebut diinisiasi kerja sama riset dan pendidikan antara Itera dengan Laboratorium Advence Cosmetic Science, Osaka University. Acara diawali dengan pemaparan materi dari Prof. Fumitaka Fujita dan Manami Toriyama,

Prof. Fumitaka Fujita dan Manami Toriyama, mewakili Laboratorium Advance Cosmetic Science,  Universitas Osaka, memberikan paparan mengenai riset yang saat ini tengah digeluti, yaitu pencarian zat aktif serta zat tambahan untuk produk-produk kosmetik berdasarkan mekanisme molekuler sehingga produk yang dihasilkan memiliki bukti ilmiah yang kuat.

Lebih lanjut, disampaikan pula bentuk kerja sama kolaborasi penelitian dan pendidikan yang dapat terjalin antara Laboratorium Advance Cosmetic Science Universitas Osaka dengan Program Studi Farmasi dan Rekayasa Kosmetik Itera.

Rektor Itera, Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, menyampaikan dukungannya bagi Program Studi Farmasi dan Rekayasa Kosmetik untuk menyambut peluang kerja sama yang sangat baik ini, terutama dalam eksplorasi pemanfaatan bahan alam Sumatera dalam produk kosmetik berbasis bukti-bukti ilmiah yang kuat. Rektor juga menyampaikan bahwa Itera memiliki komitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan alam Sumatera dalam dunia kefarmasian.

Program Studi Farmasi, yang diwakili oleh apt. Dirga, dan Program Studi Kosmetik, yang diwakili oleh Suryaneta memberikan paparan mengenai kurikulum serta riset yang saat ini digeluti.

“Kolaborasi penelitian dengan Laboratorium Advance Cosmetic Science Osaka University akan mempercepat kemajuan riset serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk pengembangan kompetensinya,”kata Rektor

Jurusan Sains berharap pertemuan ini dapat menunjukkan komitmen dan prestasi Institut Teknologi Sumatera dalam bidang farmasi dan rekayasa kosmetik. Kerja sama ini dapat meningkatkan reputasi dan citra Itera sebagai institusi pendidikan dan penelitian yang unggul dan berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

(berita kerja sama)