Sinergi Pertamina OSES dan HNSI Lampung Timur hadirkan ambulans buat nelayan

id HNSI Lampung Timur, Ambulanse HNSI, Ambulanse, Muara Gading Mas, Pertamina OSES, PHE OSES Oleh Muklasin

Sinergi Pertamina OSES dan HNSI Lampung Timur hadirkan ambulans buat nelayan

Ambulans Pertamina OSES di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur. ANTARA/Muklasin

Setiap saat, setiap waktu ambulans selalu bersiaga melayani masyarakat nelayan di Desa Muara Gading Mas.
Lampung Timur (ANTARA) - Ambulans adalah transportasi medis untuk membawa orang sakit, warga yang mengalami cedera, membawa pasien rujukan antarrumah sakit atau mengangkut jenazah.

Ambulans umumnya dimiliki rumah sakit, puskesmas, dan sejumlah instansi pemerintah.

Adanya ambulans di suatu desa sangat penting fungsinya. Bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat setempat. Namun masyarakat desa, masih kesulitan mengakses pelayanan ambulans yang tersedia setiap saat manakala dibutuhkan.

Ambulans di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama atau puskesmas selama ini belum mampu mengkover pemenuhan pelayanan transportasi kesehatan masyarakat, mengingat jumlah unit yang tersedia terbatas.

Masyarakat desa menggunakan ambulans di antaranya untuk keperluan mengantar ibu-ibu yang akan melakukan persalinan, mengantar warga yang sakit ke rumah sakit, mengantar jenazah, dan berbagai keperluan sosial kegawatdaruratan lainnya.

Masyarakat Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung menerima bantuan satu unit mobil ambulans dari Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore Southeast Sumatra (OSES) melalui dana corporate social responsibility (CSR)-nya.

Bantuan Ambulans Pertamina kepada masyarakat nelayan Muara Gading Mas ini berkat usulan DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lampung Timur tersebut, dan telah diterima serta diserahkan kepada HNSI di Balai Desa Muara Gading Mas, Jumat, 3 Maret 2023 lalu. 

Hadir pada serah terima ambulans saat itu, Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo, Camat Labuhan Maringgai Hendri Gunawan, Kepala Desa Muara Gading Mas Wahono, Manajemen Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES), General Manager (GM) Antonius Dwi Arinto, Manager HSSE  Kusmono, Head of Communication, Relations & CID PHE OSES Indra Darmawan, Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yusfin, Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Lampung Timur AKP Yus Mawardi, TNI AL, Ketua DPD HNSI Provinsi Lampung Bayu Witara, Ketua DPC HNSI Lampung Timur Nur Ali, Ketua PPRA Lampung Timur Hj Yanti, dan masyarakat nelayan.

"Terima kasih PHE OSES, semoga bantuan ambulans ini bermanfaat dan berkah," kata Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo saat penyerahan ambulans tersebut.

Kepada DPC HNSI Lampung Timur, Bupati berpesan agar penggunaan ambulans dikelola dengan baik.

"Karena kendaraan ini cuma satu, bisa digunakan sebaik-baiknya. Tolong dimenej dengan baik. Buat kepengurusan yang kelola ambulans ini, agar bisa dipakai setiap waktu saat diperlukan. Walaupun ambulans cuma 1, semoga berkah," ujar Dawam Raharjo.


Ambulans Pertamina OSES hadir di desa nelayan

Setelah serah terima, keberadaan ambulans di Desa Muara Gading Mas seperti telah menjawab kesulitan warga untuk memperoleh akses transportasi medis secara gratis, dekat, dan selalu ada setiap diperlukan.

Warga yang mengalami sakit dan butuh rujukan ke rumah sakit bisa cepat tertangani mobilitasnya.

"Sangat terbantu adanya ambulans ini, terutama dari segi biaya," ujar Midin, warga Desa Muara Gading Mas yang pernah menggunakan ambulans tersebut untuk mengantar keluarganya yang sakit ke rumah sakit, Jumat, 13 Oktober 2023.

Rasid (23), sang relawan pengemudi mobil ambulans itu menuturkan, kerap mengantar warga yang sakit ke puskesmas dan berbagai rumah sakit. 

Dia menyebutkan, rumah sakit yang menjadi rujukan warga, antara lain RSUD Sukadana, Rumah Sakit AKA Medika, Rumah Sakit Ahmad Yani, RS Mardi Waluyo, RS Muhammadiyah di Kota Metro, dan sejumlah rumah sakit di Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung.

"Saya sudah lillahitaala, kapan pun ada pasien, jam berapa dibutuhkan, ambulans siap meluncur," ujar Rasid.

Sekretaris DPC HNSI Lampung Timur Zainudin mengatakan adanya bantuan ambulans tersebut secara tidak langsung membantu pihak Puskesmas Labuhan Maringgai dalam memberikan pelayanan ambulans kepada masyarakat.

"Ambulans yang diberikan kepada HNSI ini sangat membantu nelayan. Masyarakat nelayan Muara Gading Mas tidak perlu repot-repot lagi mencari ambulan ke mana-mana. Setiap saat, setiap waktu ambulans selalu bersiaga melayani masyarakat nelayan di Desa Muara Gading Mas. Kami HNSI Lampung Timur berterima kasih fasilitas ambulans yang diberikan Pertamina OSES," ujar Zainudin pula.

Kepala Desa Muara Gading Mas Wahono berterima kasih kepada HNSI yang mengusulkan permohonan ambulans kepada PT Pertamina.

Wahono menyatakan, ambulans tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakatnya.

"Manfaat ambulans ini luar biasa, kami hanya bisa berterima kasih dan berdoa kepada Pengurus HNSI yang mengusulkan dan Pertamina (PHE OSES) yang memberikan bantuan, semoga diberi keberkahan, kesehatan. Dengan adanya ambulans ini, masyarakat saya terbantu," ujarnya lagi.

Camat Labuhan Maringgai Hendri Gunawan juga mengapresiasi bantuan ambulans dari Pertamina yang dikelola HNSI Lampung Timur.

Menurut Hendri Gunawan, ambulans tersebut membantu masyarakatnya yang membutuhkan pertolongan kendaraan gawat darurat.

"Kami mewakili masyarakat Labuhan Maringgai mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Hulu Energi OSES atas bantuan ambulans yang dikelola HNSI. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk menolong warga kami yang mengalami sakit, pasien gawat darurat untuk dirujuk ke rumah sakit," katanya pula.

Hendri Gunawan berharap program CSR Pertamina berupa bantuan ambulans dapat diperluas lagi menjangkau desa lainnya di Labuhan Maringgai yang akses ke puskesmas lebih jauh.

Ia juga berharap program Pertamina lainnya yang sudah bergulir bagi masyarakat setempat terus berjalan secara berkesinambungan, sehingga warga merasakan berkah atas keberadaan perusahaan migas nasional itu di daerahnya.
Baca juga: Rumah Apung Maggot di Pulau Panggang dari PHE OSES solusi pakan ikan murah
Baca juga: Lampu Energi Surya Pertamina terangi Pelabuhan Muara Gading Mas, nelayan pun senang