Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa luncurkan Audio Buku Gemari Baca

id Dompet Dhuafa, Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa, Audio Buku Gemari Baca

Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa luncurkan Audio Buku Gemari Baca

SLI Dompet Dhuafa luncurkan Audio Buku Gemari Baca. Foto ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional dan Hari Literasi Nasional pada Jumat (8/9/2023), Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Dompet Dhuafa dan Let’s Read Indonesia menggelar peluncuran Audio Buku Gemari Baca. Proyek ini bertajuk “Audio Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Indonesia”.

Pengelola Audio Buku SLI, Nurul Aeni menjelaskan bahwa buku bacaan bermutu adalah sumber belajar alternatif yang akan memperkaya pengalaman anak saat berinteraksi dengan buku. Audio buku ini menjadi salah satu proyek SLI untuk memperkaya bahan belajar bagi anak-anak serta meluaskan gerakan literasi di Indonesia.

“Proyek audio buku ialah salah satu proyek SLI guna memperkaya bahan belajar anak-anak dan meluaskan gerakan literasi Indonesia,” ujar Nurul Aeni. 

Peluncuran yang berlangsung secara daring ini menghadirkan Mulyadi Saputra selaku Kepala Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa, Dr. Iwan Syahril selaku Dirjen PAUD Kemendikbudristek, Drs. Muhammad Abdul Khak selaku Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hana A. Satriyo selaku Country Representative The Asia Foundation, Kak Aio selaku Pendongeng Internasional, dan Shirli Gumilang selaku Manajer SLI.

“Tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan proyek audio buku. Kami juga melibatkan berbagai mitra kolaborasi. Alhamdulillah proyek audio buku telah menghasilkan 184 karya audio buku gratis di kanal YouTube Gemari Baca dan www.sekolahliterasi.id,” lanjut Nurul Aeni.

SLI sebagai program di bawah naungan Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa berfokus dan berikhtiar pada pengembangan budaya literasi di seluruh ekosistem dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia melalui literasi.

Menurut Nurul Aeni, secara umum peluncuran audio buku ini bertujuan untuk menyosialisasikan karya audio buku kepada masyarakat supaya semangat membaca makin membara. Dompet Dhuafa ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sumber bacaan berkualitas sekaligus menyosialisasikan koleksi Audio Buku Gemari Baca, sehingga bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Ia juga berharap, dengan hadirnya Audio Buku Gemari Baca ini mampu memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya membacakan buku dan menyediakan alternatif cara membacakan buku ke anak-anak.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. 


(BERITA KERJA SAMA)