Sebanyak 21 peserta ikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu

id lampung, pringsewu, kabupaten, daerah

Sebanyak 21 peserta ikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu

Sebanyak 21 peserta ikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu. ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu

Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus-menerus.

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 21 peserta mengikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu. Mereka terdiri dari para pemuda dan pemudi serta pelajar dan mahasiswa.

Pemilihan duta baca yang dibuka Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Pringsewu Hasan Basri, di Hotel Regency Gadingrejo, Pringsewu, beberapa waktu lalu ini juga dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Hasan Basri berharap melalui momentum Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023, para duta baca nantinya akan terus-menerus mengajak para pemuda-pemudi di Kabupaten Pringsewu untuk membiasakan dan membudayakan membaca serta mengurangi penggunaan gadget secara berlebihan.

"Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus-menerus. Untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum lainnya," katanya.

Lebih lanjut, berdasarkan Pasal 8 UU No. 43/2007 tentang Perpustakaan, mengamanatkan bahwa pemerintah daerah wajib menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan di daerah, menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di wilayah masing-masing, serta  menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat.

Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah mengatakan kerja duta baca sangatlah berat, karena ia harus memastikan masyarakat menerima informasi terbaru, serta terus mengampanyekan dan mengedukasi masyarakat agar terlibat dalam bidang literasi.

Pelaksana Harian Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Hasan Fauzi mengatakan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023 digelar selama dua hari, diikuti 21 peserta dengan juri berasal dari penggiat literasi, akademisi serta Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu. 

"Pemilihan duta baca ini merupakan kali pertama diadakan di Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya kegiatan ini akan digelar dua tahun sekali, guna semakin menumbuhkan minat baca di Kabupaten Pringsewu," katanya. 

Untuk kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023, bagi juara pertama diberikan hadiah Rp1 juta, juara kedua Rp900 ribu serta juara ketiga Rp800 ribu. 
Baca juga: Pemkab Pringsewu gelar kegiatan penguatan IKM melalui pelatihan kreasi
Baca juga: Turunkan stunting dan kemiskinan ekstrem, Pemkab Pringsewu gelar princes gemeskan