Pemkot Metro upayakan peningkatan kemampuan kader posyandu

id kaderposyandu,posyandu metro

Pemkot Metro upayakan peningkatan kemampuan kader posyandu

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin melantik satgas kesehatan yang terdiri dari kepala OPD, kader, dan lainnya. ANTARA/Hendra Kurniawan

Para kader ini juga memastikan kecukupan gizi balita ketika di posyandu.
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para kader utamanya di pos pelayanan terpadu (posyandu) sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Metro Eko Hendro S mengatakan, para kader merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karenanya, kemampuan dan keterampilan pada kader harus terus ditingkatkan.

"Peran kader ini sangat penting. Bayangkan Dinkes dan Pemkot Metro tidak dibantu para kader maka akan kesusahan. Jadi kalau kemampuan dan keterampilan kader meningkat, maka pembangunan di bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bisa terwujud," kata dia, usai kegiatan Jambore Kader Posyandu di Taman Metro Indonesia Indah (TMII), Metro, Selasa.

Dia menyatakan, peningkatan kemampuan para kader ini juga salah satu upaya untuk mencegah penyakit menular dan tidak menular di Bumi Sai Wawai. Apalagi, belakangan ini ada beberapa penyakit seperti disentri, diare, diabetes yang kembali merebak.

"Belum lagi penyakit seperti stunting dan lainnya. Di sinilah peran para kader sangat dibutuhkan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penyakit-penyakit ini," ujarnya lagi.

Eko menjelaskan, di Kota Metro saat ini ada 158 posyandu dan kurang lebih 790 kader yang tersebar di lima kecamatan yang nantinya akan memberikan edukasi dan sosialisasi pencegahan penyakit menular dan tidak menular kepada masyarakat.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin menjelaskan, selain pencegahan penyakit menular dan tidak menular, para kader ini juga berperan dalam pencegahan penyakit stunting.

"Para kader ini juga memastikan kecukupan gizi balita ketika di posyandu. Jadi pada intinya kegiatan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya pula.

Ke depan, ujar dia lagi, Pemkot Metro juga akan memberikan insentif tambahan kepada para kader sebagai apresiasi kinerja para kader tersebut.

"Tentunya tambahan ini kami berikan sesuai kemampuan anggaran kami. Selama ini para kader sudah bekerja semaksimal mungkin, karena itu tidak ada salahnya kami berikan perhatian," ujar dia.
Baca juga: Tinjau posyandu, Wali Kota Metro ingin maksimalkan program home care dan 'Jamapai'
Baca juga: Pamong dan kader posyandu di Metro segera dapatkan penjaminan BPJS Ketenagakerjaan