KPU Pesisir Barat siapkan kertas surat suara khusus untuk disabilitas

id KPU Pesisir Barat,Kertas suara khusus,Bagi penyandang disabilitas

KPU Pesisir Barat siapkan kertas surat suara khusus untuk disabilitas

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Pesisir Barat, Zairi Opani. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, akan menyiapkan kertas surat suara khusus untuk penyandang disabilitas pada Pemilu 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Pesisir Barat, Zairi Opani, di Krui, Selasa, menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai teknis di TPS dengan pemilih disabilitas tersebut.

"Iya betul nanti kita dari pihak KPU Pesisir Barat, akan siapkan surat suara khusus bagi pemilih disabilitas pada Pemilu 2024," kata Zairi Opani.

Dia mengatakan, pemilu pada tahun 2024 mendatang, harus dapat dinikmati oleh semua warga yang memenuhi persyaratan memilih untuk dapat menyalurkan hak suaranya.

Pada dasarnya, kata dia, semua warga yang telah berumur 17 tahun dan telah memenuhi persyaratan, berhak untuk memilih sebagai bagian dari hak asasi politik.

"Berkaitan dengan disabilitas, nanti kita akan koordinasikan dengan teman-teman pengolah data, seperti berapa jumlahnya sesuai dengan daerah masing-masing," kata dia.

Sebelumnya Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, mengatakan pihaknya telah mencatat bahwa daftar pemilih tetap (DPT) disabilitas pada Pemilu 2024 sebanyak 733 pemilih.

Ia pula menjelaskan, ratusan pemilih disabilitas tersebut terdiri dari enam kelompok yakni disabilitas fisik, mental, intelektual, sensorik netra, sensorik wicara, dan sensorik rungu.

"Hingga penetapan, alhamdulillah petugas kami sudah melakukan pendataan kepada pemilih disabilitas di Pesisir Barat," ujarnya.

Ia juga mengatakan secara rinci, jumlah disabilitas tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Pesisir Barat.