The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa bantu pemulihan penyintas gempa Turki dan Suriah

id Dompet Dhuafa, The Body Shop Indonesia, DMC Dompet Dhuafa, penyintas gempa Turki, Suriah

The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa bantu pemulihan penyintas gempa Turki dan Suriah

The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa bantu pemulihan hidup penyintas gempa Turki dan Suriah. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Terima kasih untuk semuanya, orang-orang di sini tentu saja sangat membutuhkan bantuan ini.
Turki (ANTARA) - PT Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengirimkan 230 paket pangan dan makanan siap santap kepada penyintas gempa bumi di Turki dan Suriah pada Sabtu (24/6) dan Minggu (25/6).

Sebanyak 230 kepala keluarga dan juga 400 jiwa di Reyhanli, Turki serta Azez, Suriah terbantu dengan program kepedulian yang dilaksanakan The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa. 

Adapun bantuan paket pangan tersebut berupa tepung, beras, gula, kacang, teh, saus tomat, dan garam. Selain itu The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa mendistribusikan makanan siap santap.

Reyhanli merupakan distrik di Provinsi Hatay yang juga terdampak cukup parah. Menurut Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca lebih dari 1.200 bangunan hancur di wilayah Hatay. Hingga hari ini tidak sedikit para penyintas gempa Turki masih terus bertahan hidup di tengah keterbatasan yang ada.

Guncangan gempa yang berpusat di wilayah Turki juga berdampak cukup parah di wilayah Jinderes, Allepo dan Azez Suriah, menurut pemerintah setempat lebih dari 4.000 keluarga terdampak, 1.100 korban jiwa dan lebih dari 850 jiwa terluka parah. Wilayah ini juga menjadi pusat pengungsian dari beberapa wilayah lain yang terdampak gempa di Suriah.

Akbar Saddam selaku Pjs General Manager Resource Hub DMC Dompet Dhuafa menyampaikan banyak terima kasih kepada PT Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia yang telah bersedia menunaikan kebaikan dalam membantu sesama dengan DMC Dompet Dhuafa.

"DMC Dompet Dhuafa mengucapkan terima kasih kepada PT Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia atas kolaborasi baik ini. Alhamdulillah bantuan dari seluruh pelanggan The Body Shop Indonesia sudah kami salurkan ke wilayah yang terdampak Gempa di Turki dan Suriah," kata Akbar Saddam melalui pesan singkat.

"Untuk ke depannya, harapannya semoga kegiatan kolaborasi ini terus berjalan dengan berbagai program, tidak hanya tanggap darurat namun juga program yang lain seperti pelatihan kebencanaan, dan penguatan kapasitas masyarakat tanggap dan tangguh bencana," katanya lagi.

Bulent Silivri, salah seorang penyintas asal Kirikhan, Hatay menuturkan saat ini mereka sulit mobilisasi ke wilayah lain, sehingga mereka hanya mengandalkan bantuan dari pihak-pihak yang peduli terhadap kondisi pasca gempa ini.

"Semua orang di sini adalah mereka yang rumahnya telah hancur (akibat gempa), dan mereka tidak bisa kemana-mana serta tidak memiliki apa-apa, sehingga mereka di sini menunggu bantuan," ujarnya pula.

Bulent Silivri merupakan salah satu penerima manfaat bantuan paket pangan dari The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa.

Dia beserta penerima manfaat lainnya menuturkan sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Dengan bantuan ini mampu mengembalikan secercah harapan yang sempat memudar akibat kejadian naas gempa bumi.

"Jadzakallahu khair, terima kasih banyak karena kami menunggu adanya bantuan ini, karena mereka yang tinggal di sini adalah mereka yang rumahnya terdampak 90 persen hancur (akibat gempa). (Mereka) datang dari Antakya dan Kirikhan. Mereka sangat membutuhkan bantuan di sini," kata Bulent.

"Terima kasih untuk semuanya, orang-orang di sini tentu saja sangat membutuhkan bantuan ini. Terima kasih untuk bantuan yang telah Anda berikan. Terima kasih," kata Bulent pula.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 30 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (ADVERTORIAL)

Baca juga: Dompet Dhuafa kirim bantuan bagi penyintas gempa di Turki
Baca juga: PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Muara Tawar salurkan bantuan kepada penyintas gempa Turki