Svitolina ke semifinal Wimbledon usai singkirkan Swiatek

id Svitolina,Swiatek,Wimbledon,Grand Slam

Svitolina ke semifinal Wimbledon usai singkirkan Swiatek

Petenis Ukraina Elina Svitolina merayakan kemenangannya di pertandingan perempat final Wimbledon melawan petenis Polandia Iga Swiatek di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris, Selasa (11/7/2023). (ANTARA/REUTERS/Andrew Couldridge)

Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat ke-76 Elina Svitolina mengalahkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek pada perempat final Wimbledon, Selasa waktu setempat, untuk mengamankan tempat di semifinal.

Petenis Ukraina itu mengalahkan juara US Open dan French Open Swiatek dengan 7-5, 6-7 (5/7), 6-2.

Svitolina yang juga semifinalis Wimbledon 2019 akan menghadapi petenis Ceko Marketa Vondrousova untuk memperebutkan satu tempat di final.

Petenis berusia 28 tahun itu tidak merahasiakan keinginannya untuk memberikan kemenangan bagi Ukraina dan dia mengatakan reaksi terhadap kemajuannya di turnamen tersebut sangat luar biasa.

"Saya senang bisa membawa sedikit kebahagiaan ke dalam hidup mereka. Ada banyak video di internet yang ditonton anak-anak di ponsel mereka," kata Svitolina, dikutip dari AFP, Rabu.

"Ini benar-benar membuat hatiku meleleh melihat ini."

"Marketa, dia adalah lawan yang tangguh. Ini akan menjadi tantangan berat bagi saya. Itulah mengapa saya tidak ingin terburu-buru dan berpikir bahwa saya mungkin bermain di final, mungkin juga tidak bermain di final," ujar Svitolina yang melahirkan pada Oktober 2022 dan baru kembali mengikuti tur pada April.

"Hal-hal semacam ini, sangat mengganggu pola pikir saya."

Svitolina mencapai empat besar dengan mengalahkan empat pemenang gelar Grand Slam, yaitu Venus Williams, Sofia Kenin, Victoria Azarenka, dan kini Swiatek.

Dia mengaku ingin "menikmati momen dan minum bir".

Svitolina yang bermain di Wimbledon dengan wild card memuji Swiatek atas dukungannya setelah invasi Rusia.