Dompet Dhuafa Bersama Super Indo gencarkan program Tebar Hewan Kurban

id Dompet Dhuafa, PT Lion Super Indo,Tebar Hewan Kurban

Dompet Dhuafa Bersama Super Indo gencarkan program Tebar Hewan Kurban

Dompet Dhuafa Bersama Super Indo gencarkan program tebar hewan kurban. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jakarta (ANTARA) - Momentum Hari Raya Idul Adha diharapkan menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan di Indonesia. Karena itu, Dompet Dhuafa mengkampanyekan Tebar Hewan Kurban dengan mengajak pers.

Prima Hadi Putra Direktur Komunikasi, Teknologi, dan Tata Kelola Dompet Dhuafa menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut dengan mengajak  pers adalah dalam rangka menyuarakan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa ke seluruh masyarakat luas hingga pelosok negeri.

"Tebar hewan kurban program yang mengintegrasikan pemberdayaan  peternak, pada Idul Adha tahun ini. kita menargetkan 32.000 setara Domba Kambing (Doka). Tebar Hewan Kurban tidak terlepas dari teman-teman media yang membantu dalam proses syiar Kurban 1444 H kepada seluruh masyarakat khususnya para donatur Kurban Dompet Dhuafa tahun ini, " jelas Prima Hadi dalam diskusi publik, di Jakarta, Rabu, 21/06/2023.

Program Tebar Hewan Kurban 1444 H,  kembali bekerja sama dengan PT. Lion Super Indo yang sebelumnya sudah menjalin kolaborasi kebaikan selama 4 tahun bersama Dompet Dhuafa.

Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo Donny Ardianta Passa menjelaskan, salah satu pilar sustainability pihaknya yaitu community connection melalui pendekatan community development dan  filantropi. 

Sejak berdiri 25 tahun lalu, Super Indo secara regular melaksanakan kegiatan sosial rutin baik skala regional maupun nasional dengan berkolaborasi bersama mitra. Tahun 2023 merupakan tahun keempat Super Indo bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. 

Menurutnya, selain karena kredibilitas yang baik dari Dompet Dhuafa,  Dompet Dhuafa memiliki semangat yang sama dengan Super Indo yaitu semangat kolaborasi dan memberikan kemudahan untuk pelanggan.

"Dengan adanya program ini, kami berharap dapat memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan kurban pada tahun ini. Supaya semangat dan manfaatnya juga semakin tersebar, bagi pelanggan Super Indo yang telah menjadi member My Super Indo, akan ada benefit tambahan yaitu potongan harga untuk Domba/Kambing Premium dan Sapi untuk periode pembelian hewan kurban di gerai Super Indo mulai tanggal 22-28 Juni 2023," ujar Donny Ardianta Passa.

Mariatul Kibtiah selaku Ketua THK 2023 dalam diskusi ini memaparkan terkait Program Tebar Hewan Kurban kepada media mengenai proses pendistribusian hewan kurban dengan Quality Control sesuai syariat hingga kepelosok negeri.

" Program Tebar Hewan Kurban ini sudah memasuki ke-29 kali, hadir dengan tujuan untuk bisa ikut memberdayakan peternak dan melakukan sebaran hewan kurban hingga pelosok negeri dengan mentargetkan lebih dari 1,2 juta jiwa penerima manfaat daging hewan kurban. Dompet Dhuafa juga menjamin hewan kurban yang diamanahkan oleh para donatur sudah dipastikan sehat dan terpenuhi sesuai syariah," jelas Lia.

Di sisi lain hegemoni kurban juga mempengaruhi budaya masyarakat dalam memanfaatkan wadah daur ulang sebagai perangkat wadah daging dalam pendistribusian daging. Di kota-kota besar pemanfaatan wadah masih banyak menggunakan plastik sebagai wadah daging dalam pendistribusiannya.

Pemanfaatan wadah dari kantung plastik dapat memicu tingginya sampah dan perusakan lingkungan. Tahun 2022 gerakan kurban asik tanpa sampah plastik telah berhasil merubah penggunaan kemasan sekali pakai saat distribusi kurban menjadi kemasan ramah lingkungan sebanyak 137.539 paket di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Ujang Solihin Sidik selaku Kasubdit Tata Laksana Produsen KLHK menambahkan, " Satu kurban banyak kebaikan ini salah satunya kebaikan untuk lingkungan sekitar, dengan gerakan kurban tanpa plastik. Dengan gerakan ini justru memunculkan masyarakat yang kreatif dengan munculnya wadah-wadah pengganti kantong plastik, yang kabar baiknya gerakan ini terus meningkat setiap tahunnya dan akan terus dilakukan dalam upaya memilah dan mengolah sampah terutama sampah plastik yang akan dilakukan tahun ini beriringan bersama Dompet Dhuafa," katanya.

Dompet Dhuafa dengan tagline #SatuKurbanBanyakManfaat berharap, dukungan masyarakat dengan berkurban dapat mendukung pemerataan kesejahteraan sosial serta meningkatkan konsumsi gizi dalam upaya pencegahan stunting bagi anak-anak. 

Di sisi lain dengan kampanye Kurban Asik tanpa Plastik diharapkan masyarakat semakin peduli dengan kelestarian alam serta meminimalisir penggunaan plastik dalam hegemoni kurban. 

 "Kesenjangan konsumsi daging dan potensi kurban untuk intervensi daging, dengan potensi 103,0 Ribu Ton Daging Kurban di 1444 H menjadi peluang bagi Dompet Dhuafa dalam upaya perbaikan bagi defisit protein untuk masyarakat miskin khususnya para mustahik miskin ekstrim dengan pendistribusian daging kurban yang merata," terang Yusuf Wibisono Selaku Direktur IDEAS.

Turut hadir Aliyah Sayuti selaku Super Volunteer Dompet Dhuafa yang berbagi pengalaman nya selama lebih dari 5 tahun ikut dalam kolaborasi kebaikan menebarkan hewan kurban kepelosok negeri yang dilangsungkan Dompet Dhuafa.

"Sudah sejak 2018 saya berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa menjadi Super Volunteer menjadi pengalaman yang sangat berkesan dengan segala lika liku perjalanan menuju pesebaran hewan kurban hingga ke pelosok negeri khususnya tempat-tempat 3T untuk menyalurkan amanah para donatur," tutur Aliyah.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.