Unpad pamerkan 150 kecap Indonesia

id Pameran kecap, unpad, kecap

Unpad pamerkan 150 kecap Indonesia

Beragam jenis kecap ditampilkan pada Pameran Kecap Nusantara “Rasa Lestari” di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023). (ANTARA/HO-Unpad)

Bandung (ANTARA) - Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jawa Barat,  berupaya melestarikan salah satu bumbu khas Indonesia yakni kecap dengan memamerkan sebanyak 150 kecap dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Panitia dari Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpad Hardian Eko Nurseto mengatakan pameran bertajuk Pameran Kecap Nusantara “Rasa Lestari” itu memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengetahui kecap yang juga menjadi warisan budaya milik Indonesia.
 
"Ini adalah sebuah misi untuk melestarikan rasa yang ada di Indonesia melalui kecap," kata Hardian pada pameran tersebut yang digelar di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa.
 
Selain pameran produk kecap, menurutnya juga ditampilkan pameran arsip atau dokumen mengenai kecap dari masa kolonial, mencicip kecap, pemutaran film dokumenter, diskusi, serta demo masak.
 
Hardian menilai saat ini belum banyak masyarakat yang menyadari keberagaman kecap dari berbagai daerah. Maka dari itu, timnya mencoba mendokumentasikan dan menelusuri sejarahnya.
 
“Di pameran kali ini kita juga menelusuri sejarah dari kecap manis, dari penelusuran dokumen Belanda sampai ke 1898,” kata Hardian.
 
Pada pameran itu, para pengunjung dapat mencoba sekitar 10 kecap berbeda yang ditampilkan. Pengunjung juga bisa melihat perbedaan konsistensi, warna, serta rasa dari masing-masing kecap serta melihat artefak seputar kecap dari 1930 hingga 1988.
 
“Buat Antropologi, kecap ini bisa bercerita tentang banyak hal dan saya mencoba mewujudkannya di sini,” katanya.