Jelang Idul Adha, DPP Kota Bengkulu pastikan hewan ternak bebas PMK

id Pengawasan hewan ternak,Jelang Idul Adha,Kota Bengkulu,Bengkulu

Jelang Idul Adha, DPP Kota Bengkulu pastikan hewan ternak bebas PMK

Ilustrasi - Ternak sapi yang ada di Kota Bengkulu. ANTARA/Anggi Mayasari

Meskipun demikian, kami tetap mengimbau agar para peternak untuk selalu waspada terkait penyebaran wabah penyakit yang menyerang hewan ternak, ujar dia
Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu memastikan jelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah hewan ternak jenis sapi, kambing dan kerbau di wilayah tersebut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu Hauliantua Pohan mengatakan bahwa sejak awal 2023 hingga saat ini tidak ditemukan kasus PMK di Kota Bengkulu.
 
"Meskipun demikian, kami tetap mengimbau agar para peternak untuk selalu waspada terkait penyebaran wabah penyakit yang menyerang hewan ternak," ujar dia di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Oleh karena itu, para peternak dapat melakukan antisipasi seperti menjaga kebersihan kandang, melakukan pengecekan kesehatan secara berkala kemudian membatasi lalulintas ternak dan jika ada ternak yang sakit harus segera dipisahkan.

Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pengecekan hewan ternak ke sejumlah titik terlebih dahulu dan memperketat pengawasan khususnya terhadap kesehatan hewan ternak yang hendak di kurban saat Idul Adha 1444 Hijriah.
Untuk pengawasan tersebut dilakukan dengan memberikan pendampingan dari petugas kesehatan hewan terhadap calon hewan kurban di setiap kelurahan di wilayah tersebut.

"Hal tersebut dilakukan untuk menyeleksi hewan ternak yang layak dan terjamin kesehatannya, serta mengetahui jumlah hewan yang akan di kurban," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengarahkan agar penyuluh pro aktif melakukan pengecekan terhadap peternakan dengan mendeteksi setiap hewan ternak yang didistribusikan dari luar daerah Kota Bengkulu.
 
Bahkan, pihaknya akan melakukan pembatasan terhadap hewan ternak yang masuk ke Kota Bengkulu kecuali hewan kurban namun harus dilakukan pemeriksaan kesehatan di wilayah perbatasan.