Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Lampung

id gttgn, jokowi, hadiri,kemendes ri, lampung,teknologi tepat guna

Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Lampung

Ilustrasi - Poster Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara GTTGN XXIV Tahun 2023 di Provinsi Lampung. ANTARA/HO

Lampung juga siap menyambut Bapak Presiden Joko Widodo membuka acara akbar ini.
Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap menyelenggarakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV/2023 di Lampung pada 1 hingga 11 Juni 2023.

Informasi dari sejumlah pihak, di Bandarlampung, Rabu, menyebutkan rencananya ajang tahunan bertema raya "Inovasi Tiada Henti: Menguatkan Daya Saing Desa Dan Menyejahterakan Warga" ini digelar selama 11 hari, di kawasan terpadu Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim Bandarlampung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir untuk membuka acara tersebut bersama lima menteri Kabinet Indonesia Maju serta para gubernur se-Indonesia.

Hanya saja, belum diketahui secara pasti kehadiran Presiden Jokowi itu, namun sebagai informasi, kegiatan inti GTTGN XXIV ini puncaknya pada 6-10 Juni 2023.

Informasi rencana kehadiran Presiden, didapat dari keterangan terpisah dua narasumber. Pertama, seperti disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Dr Zaidirina mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada Rapat Koordinasi Persiapan GTTGN XXIV Tahun 2023 Provinsi Lampung, di Bandarlampung, 10-12 Mei 2023 lalu.

Di situ, di hadapan pejabat Kemendes PDTT, utusan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Lampung dan pelaksana, Zaidirina memastikan, Lampung siap menerima delegasi seluruh provinsi.

"Lampung juga siap menyambut Bapak Presiden Joko Widodo membuka acara akbar ini. Di samping kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten, peserta akan hadir dari kelompok tani dan nelayan, SMK teknologi, hingga perguruan tinggi," kata doktor ekonomi pertama lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (Unila) 2019 itu.

Decky, Direktur Tunggal Kreatif Indo, Pelaksana Pameran dan Pesta Rakyat GTTGN XXIV/2023 Provinsi Lampung pada 17 Mei 2023 lalu, juga mengonfirmasi rencana hadirnya Presiden Jokowi.

Decky, saat itu mengaku baru kembali dari beraudiensi ke Mendes PDTT Dr HC Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemendes PDTT di Jakarta sehari sebelumnya, Selasa 16 Mei 2023, mengungkap dia selaku pelaksana, bersama pejabat Dinas PMDT Lampung, mendapatkan konfirmasi kehadiran Presiden Jokowi itu dari Mendes PDTT.

"Kami melaporkan progres persiapan, juga meminta arahan direktif Gus Halim (sapaan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar). Dalam kesempatan baik itu, kami dan tim kreatif mempresentasikan progres persiapan pra, rencana detail pembukaan, berikut denah lokasi," ujar dia, ditemui di sekretariat pelaksana, kawasan Green Spot Area, Kompleks Kantor Gubernur Lampung di Telukbetung, Bandarlampung, 17 Mei lalu itu.

Decky mengutip penjelasan Mendes PDTT, rencana Presiden hadir membuka acara. "(Itu statemen Menteri langsung?) Iya, Pak Menteri Desa sendiri yang bilang, Presiden Jokowi akan hadir," ujar Decky.

Sebagai informasi terpisah dari keterangan pejabat terkait,  tempat bertemunya inventor-inovator TTG warga desa Tanah Air, GTTGN XXIV/2023 Provinsi Lampung ini, diproyeksikan untuk dapat menjawab harapan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat membuka GTTGN XXIII Tahun 2022 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada 18 Oktober 2022 lalu.

Saat itu, Gus Halim berharap GTTGN 2023 Lampung dapat menghadirkan TTG yang lebih bermanfaat untuk skala lebih luas, tak hanya bagi desa. 

Dia juga berharap peserta lomba bisa berkompetisi dengan baik, lebih termotivasi lagi mengembangkan, kreatif menemukan teknologi tepat guna, yang bermanfaat sebesar-besarnya bagi rakyat. 

Berkonsep tata kelola event yang diklaim sedikit beda dengan pelaksanaan GTTGN tahun-tahun terdahulu, merujuk keterangan pelaksana, GTTGN XXIV/2023 di Lampung ini dinyatakan terbuka untuk umum, gratis tanpa pungutan tiket masuk sepanjang hari pelaksanaan. 
Baca juga: Pemprov Lampung dorong penggunaan teknologi tepat guna di sektor pertanian
Baca juga: Lampung raih juara umum Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII