KAI Tanjungkarang-Itera kampanyekan keselamatan di perlintasan sebidang

id Lampung,KAI,Itera

KAI Tanjungkarang-Itera kampanyekan keselamatan di perlintasan sebidang

PT KAI PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang gandeng Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam melakukan kampanye keselamatan di perlintasan sebidang menjelang Lebaran 1444 Hijriah. Bandarlampung, Selasa, (18/4/2023). (ANTARA/HO-Humas KAI)

Bandarlampung (ANTARA) -
PT KAI PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang menggandeng Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam melakukan kampanye keselamatan di perlintasan sebidang menjelang Lebaran 1444 Hijriah.

"Masih rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam meningkatkan keselamatan di lingkungan stasiun dan perlintasan sebidang, kami terus mencoba melakukan kampanye keselamatan di perlintasan sebidang dan kali ini bersama Itera," kata Plt. Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang, Januri, di Bandarlampung, Selasa.

Ia pun mengatakan bahwa dalam kegiatan itu
PT KAI Divre IV Tanjungkarang dan Fakultas Teknik Perkeretaapian Itera Lampung serta seluruh instansi terkait mengajak masyarakat untuk meningkatkan keselamatan khususnya di lingkungan stasiun dan perlintasan sebidang.

"Kami menghimbau masyarakat dapat menaati peraturan selama berada di lingkungan stasiun dan menaati rambu-rambu serta lebih waspada saat akan melintasi pelintasan sebidang kereta api," kata dia.

Dalam kampanye keselamatan di perlintasan sebidang tersebut PT KAI Divre IV Tanjungkarang mengisi dengan pembagian takjil sekaligus menyampaikan himbauan melalui pengeras suara, brosur, stiker, suvenir, pembentangan spanduk dan poster himbauan kepada pengguna jalan raya khususnya di Perlintasan KA PJL No. 12 KM 16+306 Stasiun Labuan Ratu yang beralamat di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton Kota Bandarlampung. 

Kegiatan tersebut memiliki tagline 'BERTEMAN' (Berhenti, Tengok Kanan-Kiri, Aman, Jalan), diharapkan hal tersebut menjadi perhatian para pengguna jalan raya, mengingat saat ini arus lalu lintas lebih padat dan perjalanan kereta api meningkat terutama jelang Angkutan Lebaran 2023.

"Keselamatan di perlintasan sebidang ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada semua jajaran terkait yang telah berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut," ujarnya.
 
Perlu diketahui, perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan raya yang dibuat sebidang. Perlintasan sebidang tersebut muncul dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalur kereta api.