Pemkab Lampung Barat akan gratis umrahkan 72 jamaah

id Umrah gratis,Lampung Barat,Pemkab

Pemkab Lampung Barat akan gratis umrahkan 72 jamaah

Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman dan sejumlah peserta umrah saat melakukan manasik umrah. ANTARA/HO

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat akan memberangkatkan ibadah umrah secara gratis kepada 72 jamaah yang tersebar dari 15 kecamatan di wilayah itu.

"Dari 90 peserta jamaah umrah yang akan diberangkatkan, terdapat 72 peserta yang biayanya ditanggung Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sedangkan 18 orang bersifat mandiri," kata Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Selasa.

Dia menjelaskan, para peserta nantinya akan diberangkatkan pada tanggal 21 hingga 30 April 2023 mendatang.

Dia mengatakan pula, pemberangkatan umrah gratis tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemkab Lampung Barat.

Salah satu dari Pitu (Tujuh) Program yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat, yakni Peningkatan Iman dan Taqwa, di antaranya melalui umrah gratis. 

"Pemberangkatan umrah ini memang rutin kami lakukan, karena merupakan program tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat," kata dia.

Dia berharap, kegiatan umrah gratis tersebut dapat menjadi momen bagi jamaah untuk melakukan ibadah dengan baik dan khusyuk. 

"Saya berpesan kepada bapak dan ibu yang akan menjalankan ibadah umrah agar selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk," katanya pula. 

Selain itu, kata dia, para jamaah juga harus disiplin, baik dalam melakukan ibadah maupun dengan aturan yang telah ditetapkan. 

"Di samping itu saya juga berharap, agar tetap menjaga kekompakan, sinergi, kebersamaan dan saling pengertian antarsesama rombongan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya pula.