Itera terima 2.005 mahasiswa lewat SNBP

id Lampung ,Itera,Institu teknologi sumatera,SNBP

Itera terima 2.005 mahasiswa lewat SNBP

Institut Teknologi Sumatera (Itera). ANTARA/HO-Humas Itera

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 2.005 pendaftar lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari total 7.823 orang yang melakukan pendaftaran di perguruan tinggi itu.

"Dari 2.005 calon mahasiswa yang lolos tersebut terdapat 699 pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-kuliah) atau terbanyak ke-18 nasional," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam.keterangan yang diterima di Bandarlampung, Selasa.

Rektor mengatakan bahwa sebelum dinyatakan lolos, peserta telah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat melalui ranking nilai rapor SMA/Sederajat dan harus bersaing dengan 7.823 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia.

"Total pendaftar SNBP Itera tahun ini terdiri dari 3.487 pendaftar pilihan 1 dan 4.336 pendaftar pilihan 2," kata dia.

Prof. Nyoman menjelaskan, sebanyak 2.005 peserta yang dinyatakan lolos tersebut tersebar di 40 program studi (prodi) yang ada di Itera, termasuk program studi baru yakni S1 Pariwisata yang pertama kali diikutsertakan dalam jalur SNBP.

"Adapun lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SNBP tahun ini yaitu Prodi Farmasi 1.120 pendaftar, Teknik Informatika (782), Teknik Pertambangan (607), Teknik Sipil (439) dan Teknik Industri (427)," kata dia.

Rektor Itera itu pun menambahkan, kuota penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini berjumlah sekitar 5.380 orang yang akan diterima melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri.

"Khusus untuk jalur SNBP, jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 40 persen dari total mahasiswa baru Itera tahun 2022. Sementara untuk jalur SNBT pendaftarannya telah dibuka 23 Maret - 14 April 2023 melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, peserta yang dinyatakan lolos SNBP di Itera bisa langsung untuk mengisi data isian mahasiswa (DIM), yang berisi data pribadi, keluarga, dan lainnya pada laman http://dim.itera.ac.id. Jadwal pengisian DIM dan verfikasi online bagi pemilik KIP-Kuliah dijadwalkan 29 Maret – 7 April 2023. Sementara pengisian DIM SNBP dan verfikasi online (peserta reguler) 29 Maret – 10 April 2023.

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di Itera,” ujar Rektor.